UPR Gunakan Teknologi Dalam Kembangkan Sektor Pertanian

 FOTO : Peman­faatan teknologi dirangkai untuk mendukung pengembangan sektor pertanian.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Peman­faatan teknologi dirangkai untuk mendukung pengembangan sektor pertanian. Seperti panel surya, teknologi untuk pencatatan suku dan iklim dirasa sangat membantu dalam pengembangan sektor pertanian.

Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia Embang SE,MSi men­jelaskan, lahan pertanian UPR merupakan labolatorium maha­siswa. Artinya sebagian dari kajian keilmuan sektor pertanian yang memerlukan energi listrik.

“Energi ini tidak hanya bergan­tung pada tenaga air atau disel. seperti menggunakan teknologi matahari. Teknologi solar sel en­ergi kita butuhkan untuk pengem­bangan pertanian,” kata Elia Kamis (1/10/2020)

Mem­bangun kolam dengan irigasi buatan. hal tersbut semata-mata untuk mengembangkan inovasi teknologi untuk menopang pertanian.

Inovasi te­knologi listrik yang digunakan yaitu panel surya bisa men­jadi metode kepada petani yang bertani di wilayah belum teraliri listrik.

“Listrik panel surya bisa digu­nakan untuk penerangan, meng­hidupkan alat pompa air untuk menyiram tanaman dan lainnya. Hanya memanfaatkan panas ma­tahari. Dilokasi pertanian jauh dari listrik, bisa memanfaatkan teknologi tersebut. Kita menggu­nakan panel surya di lahan perta­nian terpadu UPR,” katanya menambahkan.

Selain itu, ada juga teknologi yang dapat membantu menganal­isis kelembaban cuaca, iklim dan tanah. Teknologi ini tentu sangat membantu petani.

Diakhir, Rektor juga menyam­paikan, bahwa UPR membuka lebar kepada pemerintah maupun petani yang hendak belajar dan menerapkan sistem Pertanian yang dilakukan di UPR.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: