Rektor UPR Dorong Mahasiswa Berikan Edukasi Demokrasi ke Masyarakat

FOTO : Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Dr Andrie Elia Embang SE. MSi (kemeja hitam) ketika menghadiri sebuah kegiatan

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Dr Andrie Elia Embang SE. MSi berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk turut mensukseskan proses jalanya pilkada di Kalteng.

Kendati demikian dirinya meminta tetap dalam ranah pendi­dikan, dimana mahasiswa memberikan edukasi kemasyarakat tentang makna berdemokrasi yang sesungguhnya.

bahkan pilkada merupakan mo­ment sebagai bahan kajian intelektual. Kemudian dituang dalam sebuah tulisan akademik.

“Kontestasi politik Kalimantan Tengah telah dimulai. Proses pemilu kali ini juga menjadi per­hatian, pasalnya para pendukung, simpatisan berjibaku dalam me­menangkan calonnya di situasi Pandemi Covid-19.” kata Elia, senin (7/9/2020)

Hal tersebut menurutnya dapat dijadikan bahan kajian intelektual yang bisa dibuat dalam sebuah tulisan akademik. Mahasiswa diharapkan aktif berperan dengan memeber­ikan edukasi demokrasi dalam Pilkada dan antisipasi covid -19 kepada masyarakat.

Secara pribadi dirinya berpendapat yang berlatar belakang akademisi, dapat berperan un­tuk mendorong dan mendukung agar proses demokrasi. Dimana demokrasi yang dilaksanakan notabenenta betul-betul menjadi ajang pesta dan kegembiraan bagi rakyat.

Dia mengkutip teori Abraham Lincoln tetang demokrasi, yakni pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Artinya demokrasi sesung­guhnya adalah untuk mewujudkan kepentingan dan kesejahteraan rakyat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: