FOTO :

Perusahaan Diminta Bantu Petani Untuk Pembukaan Lahan

FOTO : Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Ir. Riza Rahmadi mengingatkan dan berharap agar perusahaan dan perkebunan sawit di Kabupaten Barito Timur yang melakukan kegiatan aktivitas di daerah supaya bisa membantu petani yang membuka lahan di tempat lahan mereka.

“Kita mengimbau agar perusahaan harus bisa membantu petani disekitar HGU yang membuka lahan,” ucap kadis pertanian Ir. Riza Rahmadi, Jumat (4/9/2020).

Dalam bantuan yang dimaksud ujar Riza, sebagai bentuk tanggung jawab sosial dengan perusahaan membantu pembukaan lahan dengan menggunakan alat berat akan menghindarkan petani dari upaya membakar hutan dan lahan.

“Dengan cara ini untuk keamanan lahan sawit milik perusahaan, jika kalau petani yang berbatasan dengan HGU melakukan pembakaran lahan besar, kemungkinan berdampak kebakaran bisa menjalar ke lahan perusahaan dan sekitarnya,” kata kadis pertanian.

Ia menjelaskan, bahwa beberapa petani kita akan membuka lahan budidaya jagung dan singkong, karena ini sebagai bentuk dukungan terhadap program ekonomi kerakyatan yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah.

“Kami melakukan secara swadaya dengan luas lahan sekitar 16 hektar, memang sulit bagi kami jika membuka lahan ini tanpa membakar,” katanya.

Ia berharap, agar perusahaan yang ada di Barito Timur mau membantu para petani untuk pembukaan lahan mereka.

“Apabila perusahaan turut membantu pembukaan lahan bagi para petani, mungkin masyarakat yang ingin membuka lahan tidak akan membakar lahan sembarangan. Karena sudah dibantu oleh perusahaan untuk pembukaan lahan mereka,” pungkasnya.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: