Cegah Covid-19, Polres Barsel Telah Laksanakan Berbagai Kegiatan

Foto : Jajaran Satgas gugus tugas pencegahan Covid-19 Barito Selatan, saat melaksanakan giat penyemprotan desinfektan di beberapa titik di Kota Buntok, Kamis (26/3/2020).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Termasuk dalam garda terdepan Satgas gugus tugas penanganan penyebaran Corona (Covid-19), jajaran Kepolisian Resor (Polres) Barito Selatan telah melaksanakan berbagai macam giat untuk pencegahan.

Disampaikan oleh Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah kepada awak media, Kamis (26/3/2020), bahwa sampai dengan saat ini, pihaknya telah melaksanakan berbagai macam kegiatan, terkait pencegahan penyebaran wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Sars Cov 2 tersebut di Kabupaten berjuluk Bumi Batuah itu.

Dibeberkan oleh Devy, yang paling utama dilaksanakan oleh pihaknya adalah menjalankan maklumat Kapolri, yakni melaksanakan giat rutin patroli setiap malam di wilayah Kota Buntok dan sekitarnya, guna menghimbau keramaian-keramaian yang berpotensi menjadi penularan covid agar dibubarkan.

Lanjut Devy, saat ini pihaknya juga memberlakukan social distancing di lingkup kerja dan mewajibkan anggota menggunakan masker serta membawa hand sanitizer.

Kemudian, setiap penjagaan depan dan masing-masing ruangan sudah disediakan fasilitas hand sanitizer serta wadah untuk mencuci tangan dengan sabun.

“Kami juga memberlakukan setiap jam 10.00 sampai 11.00 WIB Polres PLB untuk berjemur,” terangnya.

Selain itu, guna menjaga informasi dan stabilitas keamanan daerah, Kapolres beserta jajarannya juga selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah melalui Video Conference (Vicon)

“Kami juga sudah memasangkan maklumat Kapolri di tempat-tempat umum dan melakukan sosialisasi maklumat kapolri hingga ke desa-desa,” tambahnya.

Selanjutnya, diakui oleh Devy, jajaran Polres beserta tim gabungan Satgas gugus tugas penanganan penyebaran Covid-19, yakni BPBD, TNI, Dinas Kesehatan dan stakeholder terkait, juga hampir setiap hari melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat yang dianggap rawan menjadi wadah penularan wabah yang sudah ditetapkan sebagai Pandemi oleh badan kesehatan dunia (WHO) itu.

“Seperti hari ini, kami juga melaksanakan giat penyemprotan tadi pagi dengan BPBD, Polres, Kodim 1012/Buntok dan lainnya di beberapa titik Kota Buntok,” ceritanya.

Tidak lupa, perwira polisi berpangkat dua melati tersebut juga mengimbau agar seluruh warga Kabupaten bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut, juga peduli akan bahayanya Covid-19 ini, dengan ikut serta menghindari keramaian dan menerapkan soscial distancing kepada diri sendiri dan keluarga.

Ia juga mengingatkan, mulai saat ini setiap orang wajib membudayakan hidup bersih dan sehat dengan cara makan makanan bergizi, biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, rajin berolahraga dan rajin minum vitamin.

Hal itu, disebutkan oleh pria yang pernah menjabat sebagai Kasubdit Tipidkor Polda Kalteng tersebut, selain bermanfaat untuk menjaga lajunya penyebaran wabah Covid-19, juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam hal menghindari penyakit-penyakit lainnya.

“Kalau tidak mendesak, sebaiknya jangan keluar rumah. Hindari kerumunan massa, jaga jarak dengan orang lainnya saat berada di luar rumah dan tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan,” imbaunya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: