DPRD Kalteng Terima Presidium Persiapan Provinsi Kotawaringin

Foto : DPRD Provinsi Kalteng ketika menerima kunjungan rombongan Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin, Senin (09/03)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno SP beserta sejumlah anggota dewan provinsi yang lainnya, menerima kunjungan rombongan Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin, Senin (09/03).

Yang mana, maksud pertemuan tersebut ialah audiensi sekaligus mendengarkan paparan ekspose kesiapan Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin.

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat gabungan DPRD Kalteng ini, dihadiri dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno SP yang didampingi sejumlah anggota DPRD Kalteng lainnya.

Sedangkan, rombongan Presidium  dipimpin langsung oleh ketua nya Rahmad Hamka beserta anggota dan dewan penasehat, perwakilan masyarakat dari 5 (lima) kabupaten, dan ada pula perwakilan dari pihak eksekutif daerah setempat.

Seusai pertemuan tersebut, kepada awak media, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno SP menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah menerima aspirasi masyarakat, yang mana kali ini berasal dari Presidium Persiapan Daerah Kotawaringin.

“Kita telah mendengarkan paparan langsung yang disampaikan oleh presidium daerah persiapan Provinsi Kotawaringin. Kami juga berharap, paparan tersebut tidak hanya disampaikan ke pihak legislatif, tapi ada baiknya itu juga disampaikan ke pihak eksekutif,” Ucap Wiyatno SP.

Lanjut Politisi PDI-P Kalteng ini mengatakan, dengan harapan, setelah mendengarkan paparan ekspose tersebut, pihak pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng, dapat melakukan berbagai kajian mendalam, berkenaan dengan hal ini.

Begitupula sebagai tindaklanjutnya, Ia juga menuturkan bahwa kedepan pihak DPRD Kalteng bersama-sama dengan akademisi, dan para ahli akan melakukan berbagai kajian mendalam, terkait hal tersebut.

Mengingat, berbicara soal pemekaran provinsi bukan perkara mudah, karena harus melalui berbagai pertimbangan-pertimbangan mendalam.

“Pemekaran provinsi bukan hal yang main-main, karena ini menyangkut keberlangsungan 2 (dua) pemerintahan, yakni pemerintahan yang ditinggalkan dan pemerintahan yang akan dimekarkan”, Tambahnya.

Sementara itu, masih ditempat yang sama, Ketua Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin, Rahmad Hamka mengatakan, maksud kedatangan rombongan ialah memenuhi undangan dari DPRD Kalteng, yang telah bersedia menyediakan waktunya, untuk mendengarkan paparan ekspose kesiapan Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin.

Hamka juga menyebutkan, kabupaten yang akan masuk dalam Provinsi Kotawaringin, diantaranya Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Sukamara, Seruyan dan Lamandau.

“Kita sangat bersyukur, karena pada pertemuan kali ini juga dihadiri segenap perwakilan masyarakat dari lima kabupaten, diantaranya sejumlah Ketua dan anggota DPRD kabupaten setempat, juga ada dari pihak eksekutif, bapak Wakil Bupati Sukamara juga hadir,

Timpal Hamka kembali menuturkan, pembentukan Provinsi Kotawaringin ini tidak ada kaitannya dengan masalah politik. Sebab, untuk presidiumnya sendiri, orang-orangnya berasal dari berbagai macam latar belakang yang berbeda, termasuk beda partai politik.

“Jadi, sekarang kita menyerahkan semuanya ini ke mekanisme yang ada di DPRD provinsi, karena yang pasti hari ini kami telah menyampaikan paparan ekspose kesiapan kami,” pungkas Hamka.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: