Pemerataan Pembangunan dan Kualitas Pendidikan Sangat Diperlukan

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Pendidikan merupakan pondasi dasar dalam pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu, menurut Wiyatno, sarana dan prasarna pendidikan harus mendapat perhatian serius.

Tidak terkecuali sarana dan prasarana untuk pendidikan anak usia dini (PAUD). “Sarana dan prasarana PAUD harus dihadirkan hingga daerah-daerah terpencil. Ini sangat penting,” kata Wiyatno

Mengingat, lanjutnya, usia dini merupakan usia keemasan bagi tumbuh kembang anak. Untuk itu dirinya akan mendorong pertumbuhan sarana dan prasarna PAUD hingga daerah terpencil.

Menurutnya kembali, fasilitas dan pelayanan pendidikan yang memadai harus dihadirkan di semua wilayah di Kalteng.

“Tidak terkecuali di daerah terpencil. Mengingat seluruh masyarakat atau anak memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan yang memadai,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pemerataan pembangunan dan kualitas pendidikan sangat diperlukan. Bahkan dia juga menginginkan nanti akan ada sekolah unggulan di masing-masing daerah hingga ke kecamatan.

“Kami sangat mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kalteng,” bebernya.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan itu yakni dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

“Selain itu menyiapkan SDM guru yang kompeten. Sehingga kualitas pendidikan di Kalteng akan maju. Tidak hanya di perkotaan saja, akan tetapi juga di perdesaan,” tandasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru di pedalaman, dia menginginkan pemerintah daerah untuk mengangkat tenaga guru dari masyarakat setempat.

“Tujuannya agar mereka fokus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu dan tidak berpikir mengajukan pindah tugas,” tandasnya.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: