Pesan Bupati saat Pendidikan dan Pembinaan Politik

SOSIALISASI : Kesbangpol Kotim mengadakan pendidikan politik masyarakat dan pembinaan partai politik di Gedung Wanita Sampit, Kamis (26/9/2019).

beritakalteng.com – SAMPIT – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar pendidikan politik kepada masyarakat dan juga pembinaan kepada partai politik. Kegiatan ini dalam rangka pemilihan gubernur Kalimantan Tengah dan Bupati Kotawaringin Timur pada 2020 mendatang.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim Sanggul Luban Gaol, Bupati Supian Hadi mengatakan, yang menjadi latar belakang digelarnya kegiatan ini adalah UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik sebagaiman diubah dengan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang perubahan atas UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik yang mengamanatkan perlunya pendidikan politik.

Hal ini juga memperhatikan kesetaraan gender yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban, meningkatkan peran dan pastisipasi politik serta inisiatif warga negara.

Menurut bupati, pendidikan politik ini harus ditingkatkan agar terbangun karakter bangsa yang merupakan watak kepribadian bangsa Indonesia yang terbentuk atas dasar kesepahaman bersama atas nilai-nilai kebangsaan.

“Nilai kebangsaan ini tumbuh dalam kehidupan bangsa, antara kesadaran berbangsa cinta tanah air, kebersamaan keluhuran budi pekerti dan yang terpenting adalah ikhlas untuk berkorban bagi kepentingan bangsa dan negara,” tegasnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan pengetahuan dan kemampuan kepada seluruh peserta. Sehingga memahami tentang hak dan kewajiban serta tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara nantinya.

“Dengan kegiatan ini pula diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan inisiatif masyarakat pada pemilihan gubernur Kalteng dan pemilihan bupati Kotim pada 2020 mendatang,” ungkapnya.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kemandirian, kedewasaan dan juga dapat membangun karakter bangsa dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa di negeri ini.

“Kegiatan ini diikuti 90 orang peserta yang memang terdiri dari pengurus partai politik dan masyarakat di Bumi Habaring Hurung,” pungkasnya. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: