Turut Wujudkan Mimpi, Mahasiswa KKN-T UPR Lakukan Penanaman 100 Bibit di Sekolah

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR), dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Periode II Tahun 2019 ini. Dimana, salah satunya adalah penanaman 100 pohon di lingkungan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Manen Panduran, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis).

Kegiatan penanaman pohon tersebut, dilaksanakan pada hari Rabu 04 September 2019 kemarin. Yangmana, ada sebanyak 100 bibit tanaman, yang ditanam merupakan bantuan dari BPDASHL Kahayan.

Bibit tersebut, terdiri dari Ketapang 20 bibit, Rambutan 20 bibit, Durian 15 bibit, Cempedak 20 bibit dan Petai 25 bibit dengan total 100 bibit tanaman.

Saat dibincangi awak media, Ketua Kelompok 2 KKN-T UPR Periode II Tahun 2019, di Desa Manen Paduran, Wisnu Angga Pradika menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dari anak-anak, terhadap lingkungan sekitar sejak usia dini.

Sehingga, harapannya mereka dapat mengetahui cara menanam pohon yang benar, dan memupuk tanaman setelah dipindahkan. Selain itu, agar anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya menanam, berbagai jenis tanaman.

“Kita ingin sejak dini adik-adik kita ini, dapat mengenal dan mengetahui fungsi dan manfaat dari menanam pohon. Sehingga, dengan demikian adanya kesadaran dari dalam diri mereka untuk selalu melestarikan dan menjaga lingkungan sekitar mereka,” kata Wisnu Angga Pradika, Kamis (12/09).

Lanjut Wisnu, selain memiliki kesadaran diharapkan pula, adik-adik kita ini dapat menjaga lingkungan sekitar. Dan, merekapun bisa mendapat pendidikan lingkungan dari usia dini.

Ditempat yang sama, Kepala SDN 1 Manen Paduran, Ucek, mengaku sangat terbantu dengan adanya program yang diadakan oleh mahasiswa KKN-T UPR ini.

Ucek juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UPR, karena telah mendelegasikan mahasiswanya, untuk melaksanakan program KKN-T di sekolahnya.

“Melalui penanaman bibit ini, maka sekaligus pula dapat dirasakan nilai manfaatnya, dalam jangka panjang kedepannya. Selain itu, harapannya apa yang menjadi impian dari anak-anak didik, yaitu salah satunya ingin menjadikan sekolah rindang dan nyaman untuk anak-anak bersekolah,” tutupnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: