Belum Ada Rekomendasi PDIP Pusat Soal Nama Ketua DPRD di 2 Daerah

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Provinsi Kalimantan Tengah, menegaskan hingga saat ini masih belum memberikan pernyataan resmi, terkait figur kader partai yang akan menduduki kursi Ketua DPRD Provinsi Kalteng dan Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Hal itu, disampaikan langsung oleh Ketua DPD PDI Kalteng drs Arton S Dohong kepada sejumlah awak media, seusai melakukan pertemuan untuk membagikan  rekomendasi surat tugas dari DPP PDIP Pusat, terkait penugasan kepada kader partainya, yang akan menduduki kursi Ketua atau Wakil Ketua DPRD di sejumlah kabupaten kota se Kalteng, Jumat (06/09) di Palangka Raya.

Dalam keterangan persnya, Arton menegaskan, hingga saat ini untuk nama kader partai yang akan menduduki kursi Ketua DPRD Provinsi Kalteng masih belum dibagikan. Begitupula untuk Ketua DPRD Kabupaten Kotim juga sama, masih belum diserahkan.

“Nah, ini hanya karena waktu. Dan,  perlu kami pertegas kembali, terkait dengan penugasan ini, setelah dilakukan ‘fit and proper test’ oleh DPP PDIP Pusat,” kata Arton.

Selain itu, Ia juga mengutarakan, penilaian juga tidak hanya melalui fit and proper test, tapi juga pada tingkat kadar dari kader itu sendiri. Hal ini, juga berlaku untuk yang baru.

Lanjut Arton bahwa kadar penilaian yang dimaksudkan, diantaranya berkenaan dengan tingkat loyalitas, dedikasi dan kemampuan kader yang bersangkutan. Dan, itu semua harus mengikuti semua mekanisme partai yang telah diatur dalam ADART partai ini.

“Kita tidak menggunakan kata senior ataupun junior, dalam proses pemilihan ini. Tapi, berdasarkan penugasan dari partai. Hal ini, tidak hanya ditujukan bagi kader yang sebelumnya sudah pernah menjabat, tapi berlaku juga kepada kader yang baru duduk, namun mendapatkan tugas dari partai, untuk menjalankan tugas di unsur pimpinan,” jelas Arton.

Ia juga menambahkan, yang pasti kader-kader yang ditugaskan ini, merupakan orang-orang memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap partai.

Adapun nama-nama yang telah mendapatkan tugas oleh DPP PDIP Pusat, yang disampaikan melalui DPD PDIP Kalteng, diantaranya Sebagai Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, Ketua DPRD Barito Selatan Farid Yusran, Ketua DPRD Gunung Mas Akerman G Sahidar, Ketua DPRD Murung Raya Doni, Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto dan Ketua DPRD Seruyan Yulie Eko.

Sedangkan, untuk Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Barat Mulyadin, Wakil Ketua DPRD Lamandau Budi Rahmat, Wakil Ketua DPRD Barito Utara Sastra Jaya, Wakil Ketua DPRD Kapuas Yohanes dan Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau H Fadli.

“Sementara, khusus untuk Ketua DPRD Kalteng dan Ketua DPRD Kotim masih belum ada nama kader yang ditugaskan oleh DPP PDIP Pusat. Khusus di provinsi, kemarin yang diusulkan ada 3 (tiga) nama, namun yang mengikuti fit and proper test, hanya 2 (dua) orang saja,” ucapnya.

Untuk diketahui, khususnya untuk DPRD Kalteng, 2 (dua) orang yang mengikuti fit and proper test, adalah Yohanes Freddy Ering dan Wiyatno. Dan, sampai sekarang masih belum ada nama yang secara resmi ditugaskan untuk menduduki kursi sebagai Ketua DPRD Kalteng.

“Alasan lainnya, yaitu khususnya untuk 2 daerah tersebut, mengingat pada tahun 2020 mendatang, akan diadakan Pilkada, maka kita harus benar-benar memilih kader yang loyal terhadap partai, termasuk siap memberikan dukungannya, kepada calon yang akan diusung oleh partai, baik itu dalam Pemilihan Gubernur maupun Bupati,” pungkas Ketua DPD PDIP Kalteng.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: