Ketua Komisi I DPRD Kotim Handoyo J Wibowo

Camat Dan Kepala Desa Diminta Bantu Tangani Karhutla

Beritakalteng.com, SAMPIT- Sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah, Camat dan Kepala Desa dituntut untuk membagi perannya masing-masing dalam membantu mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang saat ini sedang melanda Kabuapaten Kotawaringin Timur.

Seperti yang disampaikan oleh Handoyo J Wibowi selaku ketua Komisi I DPRD Kotim yang membidangi pemerintahan ini Selasa (06/8) tadi siang. Menurutnya peran Camat dan Kepala Desa di Kotim ini sangat dibutuhkan dalam mensosialisasikan Dan mengawasi wilayahnya masing-masing.

“Camat atau Kepala Desa masing-masing turut bertangngungjawab apabila ada kebakaran lahan atau hutan di wilayahnya, jadi jangan hanya diam tapi mainkan perannya sebagai keoanjangan tangan pemerintah daerah,”ujarnya.

Bahkan dia juga menuturkan dalam hal ini langkah koordinasi sangat perlu setiap hari bahkan setiap saat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan mengingat intensitas api atau titik hotspot semakin meluas di berbagai wilayah di Kotim ini.

“Masyarakat harus di ingatkan dan dibimbing, apalagi masyarakat yang mempunyai kebun karet,kebun rotan dan ladang pertanian yang mudah terbakar, harus terus dikawal dan di bina supaya tidak terjadi kerugian bagi masyarakat termasuk berdampak bagi kita semua,” Tukasnya.

Handoyo juga mengharapkan agar Tim Karhutla di tingkat Kabupaten selalu mengutamakan koordinasi sampai ketingkat desa untuk mendeteksi kebakaran hutan dan memberikan langkah pencegahan serta penanganan.

“Wajib karena ini kategori bencana, semua daera wajib memperhatikan hal tersebut, tanpa pengecualian, jangan karena tidak ada titik api lalu tidak ada langkah koordinasi, karena api ini bisa saja dibuat oleh tangan-tangan jahil,” Tutupnya.(So/GK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: