Kesejahteraan Petugas Damkar Mesti Diperhatikan

KARHUTA : Petugas Damkar bersama TNI/Polri saat memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

beritakalteng.com – SAMPIT – Di musim kemarau saat ini, petugas pemadam kebakaran sedang berjibaku dalam melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Karena beratnya tugas yang diembani, pemerintah diminta untuk memperhatikan kesejahteraan mereka.

“Terutama untuk insentif uang lembur, makan dan minum petugas jangan sampai dikesampingkan,” ujar Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rimbun, kemarin (4/8/2019).

Rimbun menuturkan, di musim kemarau saat ini, mereka tanpa mengenal lelah bersama petugas yang lain turun ke lapangan memadamkan api.

“Apalagi risiko mereka sangat berat, karena berhadapn langsung dengan pekatnya asap pada saat memadamkan,” sebutnya.

“Karena kadang masyarakat meminta agar kinerja mereka itu maksimal. Terlambat beberapa menit saja saat kebakaran kadang mereka yang disalahkan,” ungkapnya.

Karenanya, Politisi PDI Perjuangan ini menekankan kepada SOPD untuk mengajukan apa saja yang berkaitan dengan kebutuhan petugas tersebut. Terlebih jika memang harus ada penambahan personel harus dipenuhi, apalagi dalam pemberian insentif sendiri.

“Ini tugas dari Pemkab, bagaimana mengalokasikan anggaran untuk mereka. Kalau kami dari DPRD pasti mendukung dan menyetujui itu, selagi itu tujuannya benar dan jelas,” pungkasnya. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: