One Day For Children, Jaminan Anak Termarginal Tanggungjawab Bersama

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA –  One Day For Children (satu hari bersama anak), inilah merupakan salah satu bentuk kegiatan yang berkesinambungan, dari program pemerintah pusat, melalui  program Kesejahteraan Sosial Anak  (PKSA) Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Seperti halnya penyelenggaraan PKSA Kemensos RI di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2018 ini, diselenggarakan di halaman Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Jl Mayjend DI Panjaitan, Kota Palangka Raya, Senin (15/10) pagi ini.

Menurut Kepala Dinsos Provinsi Kalteng, Suhaemi menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari Kemensos RI. “Kegiatan ini diselenggarakan, dengan maksud agar setiap orang tua, dapat meluangkan waktunya untuk bersama anak-anaknya. Karena, ditengah kesibukannya setiap orang tua setidaknya, harus ada satu hari meluangkan waktu menemani anak-anaknya,” kata Suhaemi ketika itu didampingin Nasman Kepala BNI Palangka Raya.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa melalui PKSA Kemensos RI, maka menurut sasaran program ini sendiri, yakni agar memberikan jaminan kepada anak-anak termarginal atau terlantar, karena bagi mereka yang tidak memiliki orang tua (yatim piatu), ataupun dari keluarga miskin, yang terdapat dibeberapa panti anak, atau lembaga kesejahteraan anak (LKSA), yang tersebar di Kalteng dapat diperhatikan.

“Hal ini sesuai dengan amanat undang-undang, yakni anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Upaya dalam menjamin kesejahteraan anak, bukan hanya menjadi tanggungjawab dinas sosial, melainkan juga harus menjadi tanggungjawab bersama, yang melibatkan instansi lainnya, seperti dinas pendidikan, dinas kesehatan dan termasuk pula, pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta pihak swasta melalui program CSR nya,” tambahnya.

Harapannya pula, agar pihak BUMN dan BUMD, serta pihak swasta di Kalteng, dapat tergugah dalam upaya memberikan jaminan kesejahteraan sosial anak, seperti yang dilakukan oleh pihak Bank BNI yang dilakukan pada hari ini.

Untuk diketahui juga, hari ini Pihak Bank BNI juga telah memberikan bantuan kepada beberapa LKSA dan panti yang ada di Kota Palangka Raya. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin tahunan di setiap provinsi, namun daerahnya akan dilakukan secara bergantian. (Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: