Kirab Pemuda 2018, Sebagai Ajang Deklrasi Kebhinekaan

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Menyambut kegiatan Kirab Pemuda di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2018, yang sejatinya akan dilaksanakan pada tanggal 19-23 Oktober 2018 mendatang,  maka Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat persiapan kegiatan. Rapat ini dilaksanakan di Kantor Dispora Provinsi Kalteng, Jl Brigjend Katamso No. 01, Kota Palangka Raya.

Rapat persiapan kirab pemuda ini dipimpin langsung oleh Kepala  Bidang Kepemudaan Agus, dan dihadiri oleh Kepala Dispora Provinsi Kalteng Falery Tuwan, serta pula seluruh komponen pendukung, pelaksanaan kegiatan Kirab Pemuda di Kalteng Tahun 2018. Kirab Pemuda ini merupakan salah satu agenda tahunan, dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Republik Indonesia.

Menurut Kepala Dispora Provinsi Kalteng Falery Tuwan menuturkan, sampai saat ini persiapan panitia sudah terbilang sangat baik, pasalnya berbagai persiapanpun sudah dilakukan oleh setiap unsur penyelenggara kegiatan kirab pemuda yang nantinya terlibat.

“Baik dari penyambutan kedatangan rombongan, kegiatan deklarasi pemuda hingga pada orang tua asuh, dimana para peserta akan menginap (home stay), selama beberapa hari singgah di Kota Palangka Raya,” kata Falery kepada sejumlah awak media, saat berada di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Ia juga menerangkan, pemuda yang menjadi peserta dalam kirab ini, adalah pemuda terbaik perwakilan dari 34 provinsi se Indonesia, yang mengemban misi, yakni menjadi pemuda pelopor paham kebhinekaan, serta juga menjadi impac bagi masyarakat, terutama di lingkungan pergaulan kehidupan kesehariannya nanti.

“Setiap pemuda yang menjadi peserta kirab, akan membawa misi kebhinekaan, dan mempekenalkan seni budaya serta pariwisata, dari daerahnya masing-masing. Terutama seni budaya dan pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi Kalteng juga, dapat dipelajari dan dipahami oleh pemuda dari luar Provinsi Kalteng,” terangnya.

Selain itu, Ia juga mengharapkan para pemuda yang ikut serta dalam kegiatan Kirab Pemuda di Provinsi Kalteng Tahun 2018 ini, dapat benar-benar menggunakan momen ini, sebagai sebuah kesempatan untuk mempelajari nilai-nilai kebudayaan yang ada di daerah Kalteng.

Hal senada disampaikan oleh Kabid Kepemudaan Agus. Ia mengatakan lebih lanjut, secara teknis kegiatan kirab pemuda ini akan diikuti oleh perwakilan pemuda dan organisasi kepemudaan se Indonesia, dan dibagi ke dalam 2 (dua) zona.

“Kalteng sendiri adalah zona 1 (satu), selain Pontianak Provinsi Kalbar, Banjarmasin Provinsi Kalsel serta ada lagi beberapa daerah lainnya. Adapun puncaknya nanti, akan diselenggarakan di Jakarta, sebagai titik pertemuan antara rombongan kirab pemuda zona satu dan rombongan zona dua,” jelas Agus.

Ia juga menuturkan, bahwa Kalteng sebelumnya, di tahun 2017 juga pernah dikunjungi oleh rombongan kirab pemuda, namun daerah yang menjadi daerah kunjungan adalah Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

“Sesuai scedule (jadwal) dari Kemenpora RI, untuk Kalteng sendiri dijadwalkan selama tanggal 19 sampai 23 Oktober 2018. Nantinya, para peserta kirab pemuda berkesempatan belajar tentang kebudaayaan di Kalteng. Oleh karena itu, peran orang tua asuh sangat memegang peranan penting untuk mengajarkan dan menyampaikan, tentang kebudayaan masyarakat Kalteng,” tambahnya.

Selama peserta kirab pemuda, digelar di Kota Palangka Raya, akan diisi dengan berbagai kegiatan seni budaya, pariwisata serta adanya deklarasi pemuda, yang akan dibacakan oleh perwakilan pemuda dari masing-masing daerah yang menjadi peserta kirab pemuda tahun 2018. (Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: