Aparat Wajib Awasi PBS Selama Musim Kemarau 

SAMPIT, Gerakalteng.com-Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Handoyo J Wibowo, meminta aparat penegak hukum untuk mengawasi pihak Perusahaan Besar Swasta (PBS) di Kabupaten setempat.

Hal ini diungkapkannnya, mengingat beberapa tahun lalu ada puluhan PBS yang nyaris tersandung kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah perusahaan masing-masing.

“Terutama perkebunan kelapa sawit, bisa saja ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan momen ini, kita tidak menuduh, tetapi dengan diawasi mereka tidak akan berani melakukan hal melanggar hukum,” Ungkapnya Senin,(16/7).

Bahkan Legislator Partai Demokrat ini menilai, sejauh ini pengawasan terhadap PBS, khususnya kelapa sawit tidak dilakukan dengan baik, sehinga banyak kejadian yang tidak terkawal dan tidak bisa di proses secara hukum.

“Kita ketahui, banyak hal yang bisa terjadi, dalam hal ini kami meminta aparat kepolisian khususnya Kotawaringin Timur, lebih gesit lagi, kita suport terkait penegakannnya masalah karhutla ini,” Urainya.

Selama ini menurut Handoyo, banyak masyarakat yang menjadi korban hukum atas kasus kebakaran hutan dan lahan di Kotim ini, namun sejauh ini, kebakaran yang terjadi di lingkup perushaan di Kotim belum satupun yang proses sampai ke pegadilan.

“Kasus karhutla ini memang sulit pengungkapannya, akan tetapi ini adalah tugas aparat penegak hukum, kami berharap pastinya jangan sampai ada kebakaran besar selama musim kemarau ini,” Tutupnya.

Catatan, beberapa tahun lalu pihak kepolisian Polres Kotim dan bahkan Polda Kalteng, sudah berhasil menjerat para pelaku pembakaran hutan dan lahan, tidak hanya masyarakat sipil, pihak perusahaan kelapa sawitpun ada yang sempat diperiksa di Polda terkait hal ini.(So)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: