Kelulusan Siswa SMAN 3 Palangka Raya Periode Tahun 2023-2024 Capai 100 Persen

PALANGKARAYA – Upaya peningkatan kualitas karakter peserta didik merupakan salah satu indikator penilaian yang penting dalam dunia pendidikan seperti sekarang ini.

Kepala Sekolah SMAN 3 Palangka Raya, Yeni Hariyati, S. Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa ada beberapa waktu mendatang kemungkinan pihaknya bisa bekerja sama dengan TNI untuk peningkatan kualitas karakter peserta didik.

“Hal ini sejalan dengan penilaian dalam Kurikulum Merdeka saat ini, yang menekankan bahwa nilai tidak hanya berasal dari akademisi mata pelajaran, tetapi juga dari sikap dan perilaku siswa,” kata Hariyati di Palangkaraya, Rabu (22/5/2024).

Kepala sekolah lulusan Universitas Palangka Raya (UPR) ini, berhasil meluluskan semua peserta didiknya pada tahun ajaran 2023-2024 sebanyak 130 siswa yang mayoritas merupakan penduduk kota Palangka Raya.

“Puji Tuhan, pada tahun ini sebanyak 130 peserta didik berhasil lulus semua atau 100 persen lulus. Perolehan nilai tertinggi adalah 90, sementara nilai terendah adalah 70. Hasil ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras para siswa serta dukungan dari seluruh staf pengajar di SMAN 3,” ucapnya.

Yeni mengaku turut bangga karena peserta didik lulusan tahun ini melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi. Keberhasilan ini dicapai berkat kerja sama dengan berbagai universitas serta minat peserta didik untuk melanjutkan studi di luar daerah.

“Untuk saat ini, peserta didik kita sudah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dengan beberapa di antaranya memilih jurusan kedokteran, perawatan, TNI, universitas, dan polisi,”

Ada juga ujarnya lebih dalam menjelaskan, melanjutkan ke perguruan tinggi di luar daerah serta menerima program beasiswa yang dikeluarkan oleh pihak universitas,” tuturnya.

Diketahui bahwa SMAN 3 Palangka Raya tidak hanya banyak menyabet prestasi di berbagai perlombaan ekstrakurikuler, tetapi juga mendidik kedisiplinan dan sikap para peserta didiknya. Pemupukan nilai-nilai ini diharapkan mampu mendukung pencapaian program Kementerian Pendidikan.

“Untuk program Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga untuk membentuk karakter yang kuat pada peserta didik,”

“Program ini mencakup nilai-nilai seperti religius, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri. Melalui program ini, Kemendikbud,” tandasnya.(Ngel/die)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: