Foto : Serapan anggaran daerah baru capai 5 persen, DPRD Barsel laksanakan RDP dengan BPKAD, Selasa (2/4/2024).

Gara – Gara Pembaharuan Sistem Aplikasi,  Serapan Anggaran Barsel Baru Capai 5 Persen

Foto : Serapan anggaran daerah baru capai 5 persen, DPRD Barsel laksanakan RDP dengan BPKAD, Selasa (2/4/2024).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Dikarenakan adanya pembaharuan dalam sistem aplikasi keuangan, hingga bulan April 2024 serapan anggaran pemerintah kabupaten Barito Selatan baru mencapai 5 persen.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Barsel, Akmal Husaen, usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPRD Barsel di Ruangan Komisi Gabungan, Selasa (2/4/2024).

Dijelaskan Akmal, dalam RDP DPRD membahas mengenai persoalan terhambatnya pencairan dana di sebagian besar instansi di Barsel yang sampai dengan bulan April 2024 baru mencapai 5 persen.

“Bahwa semacam terhambatlah pencairan ini. Ini sudah menjadi atensi Pj Bupati, kemaren kami juga sudah mengadakan rapat terkait dengan penyerapan anggaran ini yang masih di angka 5 persen,” ungkapnya.

Memang, terang dia lagi, hal ini merupakan dampak dari adanya pembaharuan sistem aplikasi keuangan daerah oleh pemerintah pusat.

“Memang kendalanya ini adalah aplikasi yang digunakan di tahun 2024 ini, adalah aplikasi yang baru. Jadi tahap belajarnya memang kita sambil berjalan,” terangnya.

Tapi sebenarnya sambung dia lagi, hal ini tidak masalah, seandainya pada masing – masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) itu pertanggung jawabannya sudah lengkap.

“Karena kalau pertanggung jawabannya sudah lengkap, maka pencairannya pun akan cepat saja, karena tinggal diupload,” tukas Akmal.

“Nah kendala selama ini, lebih kepada proses pertanggung jawabannya yang masih belum lengkap,” pungkasnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: