Upaya Pemerintah Daerah Mengoptimalisasi Potensi Lokal Melalui Konsep Pembangunan Terpadu

PALANGKARAYA – Kegiatan sosialisasi pembentukan kawasan perdesaan di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun 2024 adalah program strategis yang bertujuan untuk mengembangkan dan memperkuat kawasan perdesaan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), H. Nuryakin, yang diwakilkan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sri Widanarni menyampaikan, kemiskinan merupakan tantangan pembangunan yang harus ditanggulangi, karena merupakan salah satu faktor penghambat dalam mencapai tujuan pembangunan yakni menuju masyarakat Indonesia yang makmur dan Sejahtera. Kamis (07/03/2024).

“Oleh karena itu sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian yang lebih besar dan iklim yang kondusif bagi masyarakat di perdesaan agar dapat mengejar ketertinggalannya dan sekaligus untuk dapat merasakan pemerataan hasil-hasil pembangunan di negeri tercinta ini, khususnya di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila,”ucap Sri di Hotel Best Western Batang Garing Palangkaraya.

Melakukan berbagai upaya untuk percepatan Pembangunan Kawasan Perdesaan, salah satunya melalui kerjasama antar desa agar bisa saling membantu, bekerjasama dalam pembangunan. Mengingat selama ini apabila dilakukan oleh masing-masing desa dirasakan masih kurang optimal. 

“Dengan adanya membentuk kawasan perdesaan diharapkan akan mendorong peningkatan pemanfaatan sumber daya yang ada secara optimal dengan kerjasama antar desa agar lebih berguna  dan bermanfaat dalam upaya percepatan Pembangunan Kawasan Perdesaan untuk mencapai masyarakat di Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa kegiatan ini sifatnya masih dalam lingkup yang kecil, namun kita berharap dapat berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa di masa yang akan datang.

“Itu adalah langkah yang baik untuk mendorong pengembangan kawasan perdesaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah, Aryawan mengatakan bahwa pemerintah melakukan berbagai upaya untuk percepatan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Melalui  kerjasama antar desa agar bisa saling membantu, bekerjasama dalam pembangunan, mengingat selama ini apabila dilakukan oleh masing-masing desa dirasakan masih kurang optimal. 

“Untuk menunjukkan jumlah kawasan perdesaan di Kalimantan Tengah, khususnya yang telah terbentuk seperti kawasan perdesaan agrominawisata di Kotawaringin Barat dan kawasan perdesaan Sebangau Kuala/Sebakul Terpadu di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis),

“Hal tersebut menunjukkan upaya pemerintah daerah dalam mengoptimalkan potensi lokal melalui konsep pembangunan terpadu,” pungkasnya.(Ngel)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: