Melalui Seminar, Pemerintah Daerah Optimalkan Komoditas Petani Kakao di Kalteng

PALANGKARAYA – Penyelenggaraan kegiatan seminar potensi pengembangan industri dan budidaya kakao di Kalimantan Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi mendapat apresiasi Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo yang diwakilkan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sri Widanarni

“Harapannya, seminar ini dapat menjadi langkah penting dalam menggerakkan potensi ekonomi daerah, terutama melalui pengembangan sektor komoditas Kakao atau coklat,” kata Sri, Selasa (27/2/2024) di Palangkaraya.

Indonesia merupakan negara produsen Kakao terbesar ketiga di dunia. Meskipun demikian lanjut Sri, produksi Kakao dalam negeri mengalami penurunan, sedangkan permintaan global terus meningkat.

Hal ini yang menimbulkan peluang besar untuk pengembangan Kakao di Provinsi Kalimantan Tengah,namun membutuhkan sinergi dari berbagai pihak.

Lanjut  dia bahwa perlunya transfer pengetahuan, pengembangan ekonomi, ketersediaan pasar, faktor logistik, dan komitmen dari Pemerintah Daerah.

Semua aspek ini menjadi krusial untuk memastikan keberhasilan pengembangan Kakao di daerah. Dengan harapan, seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang dapat mengoptimalkan budidaya Kakao kedepannya.

“melalui kegiatan seminar ini, harapannya adalah menghasilkan solusi konkret yang dapat memajukan sektor perkebunan Kakao di Kalimantan Tengah, demi mendukung terwujudnya Kalteng Makin BERKAH.” Tutupnya.(Ngle)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: