Tingkatkan Produktivitas, Pemerintah Daerah Dorong Semangat Petani Kakao di Kalteng

PALANGKARAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan motivasi kepada para petani kakao agar tetap semangat dalam kegiatan menanam. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani kakao.

Seperti yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah H. Rizky R. Badjuri bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan seminar potensi yang pengembangan industri dan budidaya kakao dapat menambah kesejahteraan para petani kakao.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat. Semoga usaha ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi ekonomi dan kehidupan masyarakat setempat,” kata Rizky, Selasa (27/2/2024) di Palangkaraya.

Rizy juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat komoditas kakao, sehingga menjadikan kakao bukan lagi sebagai komoditas terendah melainkan sebagai komoditas utama di Kalteng ke depannya.

Lebih dalam, dirinya juga mengukapkan  bahwa dalam jangka waktu yang relatif singkat, komoditas kakao di Kalteng sudah menunjukkan tren grafik keberhasilan. Ini terlihat dari perkembangan positif di wilayah Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, dan Murung Raya.

“Selain itu juga , komoditas kakao juga dianggap tidak akan menimbulkan efek sosial yang signifikan apabila ditanam di kawasan hutan atau perhutanan sosial. Hal ini disebabkan karena pohon kakao tidak akan banyak menimbulkan permasalahan selain komoditas sawit, baik di tempat tumbuhnya maupun dilingkungan sekitar,” bebernya menambahkan.

Kegiatan hari ini menghadirkan langsung narasumber seperti CEO Fairventures Worldwide Megan King, Founder Yayasan Good Forest Indonesia Monalisa, dan diikuti oleh peserta yang mewakili Dinas yang membidangi Perkebunan Kabupaten Gunung Mas, Barito Timur dan Katingan, Akdemisi, serta Petani Kakao dari Kabupaten Barito Timur dan Gunung Mas.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: