Ribuan Mahasiswa Baru UPR Ikuti PKKMB Tahun 2023

PALANGKARAYA – Lebih kurang 3500 mahasiswa baru mengikuti kegiatan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Palangka Raya, Senin (14/8/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan baik secara online maupun secara offline ini tidak hanya di ikuti oleh mahasiswa baru saja, akan tetapi juga diikuti oleh mahasiswa lama yang sebelumnya tidak sempat mengikuti kegiatan PKKMB.

Kegiatan PKKMB Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Rahan Rektorat UPR, dibuka secara online oleh Rektor UPR, Prof.Dr.Ir Salampak.

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, mengharapkan kepada mahasiswa baru untuk dapat mengikuti kegiatan PKKMB tahun 2023 ini dengan baik.

“Siapkan mental dan spiritual kalian untuk dapat beradaptasi dengan kehidupan kampus Universitas Palangka Raya.

“Kami disini memiliki Filosofi Huma Betang, yang bermakna rumah besar untuk kehidupan yang selaras dan harmonis untuk semua golongan dan kelompok masyarakat,” kata Prof. Salampak

Perbedaan adat-istiadat atau kultur, ujarnya menambahkankan diharapkan tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa baru.

“sepanjang kalian memegang teguh prinsip dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Untuk itu kalian mahasiswa baru dituntut untuk menyesuaikan diri dengan sebaik-baiknya,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wijanarka, ST, MT ketika diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan PKKMB ini bukan suatu hal yang menakutkan.

“Tapi lebih kepada memberikan kesan yang menyenangkan kepada mahasiswa baru. Momentum PKKMB juga menjadi ajang promosi Universitas untuk tahun depan karena kegiatan PKKMB juga diupload di media sosial, sehingga calon-calon mahasiswa dapat melihat secara langsung,” kata Wijanarka di Aula Rahan Rektorat UPR.

Dia juga mengharapkan kegiatan PKKMB tahun ini juga tidak ada perbuatan perpeloncoan terhadap mahasiawa baru. Kalaupun nantinya ada kejadian tersebut, mahasiswa ujar Wijanarka menambahkan, bisa melaporkanya ke panitia.

Perlu diketahui bahwa kegiatan PKKMB sedari awal merupakan kegiatan Universitas dan bukan kegiatan mahasiswa. sehingga peran serta dosen menjadi pokok penting dalam kegiatan ini, dan mahasiswa sifatnya hanya membantu.

“PKKMB juga diharapkan menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi. Mahasiswa sekarang harus berprestasi, mengingat adanya tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) dimana prestasi mahasiswa harus ditingkatkan, jadi pelaksanaan PKKMB mahasiswa dikenalkan dengan kompotisi-kompotisi baik ditingkat nasional dan internasional,” bebernya menambahkan.

Disisi lain, Ketua Pelaksana Kegiatan PKKMB Tahun 2023, Dr. Syamsuri menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB secara offline dihadiri 80 mahasiswa baru yang terdiri dari 10 mahasiswa baru perwakilan dimasing-masing Fakultas.

“Sementara masiswa baru lainya mengikuti kegiatan secara online. Awalnya kita berkeinginan semuanya bisa hadir langsung, mengingat kapasitas yang tidak mampu menampung semua, makanya kita laksanakan secara hybrid,” kata Syamauri.

Dirinya juga menyapaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari. Dimulai dari tanggal 14 Agustus 2023 sampai tanggal 15 Agustus 2023 untuk PKKMB ditingkat Universitas.

Sementara PKKMB ditingkat Fakultas dilaksanakan selama 4 hari, terhitung sejak tanggal 16 Agustus 2023 sampai tanggal 19 Agustus 2023 nanti.(a2) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: