Pengembangan Sektor Pariwisata Menjadi Alasan Andina Theresia Narang Maju DPR RI

PALANGKARAYA – Agenda tahunan seperti Festival Budaya Isen Mulang merupakan moment tepat untuk mempromosikan kekayaan khasanah budaya, adat istiadat yang dinilai berpotensi menunjang pengembangan sektor Pariwisata di wilayah Bumi Tambun Bungai.

Seperti yang disampaikan salah satu Juri Kegiatan Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah 2023, Andina Theresia Narang yang merasa kagum dan bersyukur, atas kekayaan  budaya dan adat istiadat yang dimiliki saat ini.

“keberagaman yang dimiliki ini, sekaligus pula merupakan bagian dari kekayaan Budaya Indonesia, serta menjadi potensi Pariwisata Kalimantan Tengah, dan ini memang seharusnya terus didukung oleh para pemangku kepentingan dan semua pihak terkait lainnya,” ujarnya, di Aula Jayang Tingang, Kamis (25/05/2023).

Menurut Bacaleg (Bakal Calon Legislatif) DPR RI dari Partai NasDem ini berharap kepada para pemangku kepentingan dan pihak terkait lainnya, supaya dapat terus menjaga, melestarikan serta mempromosikan budaya dan adat-istiadat.

Kegiatan Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah 2023 mendapat apresiasi karena dinilai sangat positif. perwakilan peserta Jagau dan Bawi Nyai yang juga notabene adalah generasi milenial yang berasal dari 13 kabupaten 1 kota Se-Kalimantan Tenga.

Andina juga mengapresiasi semangat dari seluruh peserta pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Kalimantan Tengah 2023, karena telah menunjukkan segala kemampuan dan bakat terbaiknya.

“Setiap peserta dinilai sangat piawai mempresentasikan dan mempromosikan budaya, adat-istiadat dan destinasi (objek) wisata yang ada di daerahnya masing-masing,” Bebernya.

Foto : Dewan Juri ketika foto bersama dengan para peserta Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng 2023

Lebih penting lagi, Dia memberikan pesan moral kepada seluruh generasi muda agar dapat turut serta menjaga, melestarikan serta mempromosikan budaya dan adat-istiadat yang ada.

Karena, peran generasi muda sangat penting, dalam rangka mempertahankan warisan nilai-nilai budaya dan adat-istiadat, di tengah perkembangan zaman yang kian pesat.

“Kalau tidak sedari sekarang kapan lagi, kalau bukan oleh kita siapa lagi. Maka dari itu, saya berharap seraya mengajak kepada para generasi muda untuk tetap mempertahankan nilai-nilai budaya dan adat istiadat, supaya tidak mudah tergerus oleh perkembangan zaman,” imbuh Dia.

Andina juga menambahkan pengembangan dunia pariwisata di Kalimantan Tengah, diharapkan tidak hanya menjadi fokus program dari pemerintah daerah saja,  melainkan juga perlu dukungan dari pemerintah pusat.

“Hal ini yang menjadi salah satu alasan dan tekad saya untuk maju menjadi wakil rakyat di Senayan, dengan mendaftar sebagai Bacaleg DPR RI dari Partai NasDem, dengan mengusung program pengembangan sektor Pariwisata di Kalimantan Tengah, dengan harapan pemerintah pusat dapat lebih memperhatikan pengembangan sektor Pariwisata di setiap wilayah Kalimantan Tengah ini,” harapnya. 

Sekedar menginformasikan, rangkaian kegiatan pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Kalimantan Tengah 2023 tingkat provinsi, diikuti oleh perwakilan peserta Jagau dan Bawi Nyai dari 26 peserta, 13 pasangan dari 13 daerah kabupaten kota di Kalimantan Tengah.

Kegiatan dilaksanakan sejak  22 sampai 26 Mei 2023, termasuk masa karantina, penilaian dewan juri sampai pada malam puncak atau final yang terpusat di Kota Palangka Raya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: