Foto : Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto

Diharapkan Sarpras Rutan Dapat Ditingkatkan

Foto : Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto

 

BERITAKALTENG.COM, Palangka Raya –  Tempat binaan masyarakat khususnya Rumah Tahanan (Rutan) yang berada di kota setempat, diharapkan dapat ditingkatkan kembali sarana dan prasarananya.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto bahwa perbaikan dan peningkatan sarpras tempat binaan dikatakannya merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi dalam menunjang kinerja lembaga tersebut.

“Ini penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan prima bagi warga binaan di rutan dan pengunjung rutan itu sendiri. Karena itu perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan pelayanan,” kata Sigit, Minggu (12/2/2023).

Memang sejauh ini lanjut legislator PDI Perjuangan ini, sarpras yang ada di rutan sudah cukup baik. Terutama dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) warga binaan, melalui program latihan kerja, pendidikan keagamaan, ruang baca hingga perpustakaan.

“Sarpras untuk pengembangan SDM sudah bagus. Fasilitas yang disediakan juga lengkap. Tapi tidak bisa puas begitu saja, tetap harus bisa ditingkatkan kembali,” tambahnya.

Namun yang cukup menyita perhatian ujar Sigit, ialah terkait sistem pembenahan sarpras guna mengatasi overcrowded atau kelebihan kapasitas pada rutan. Jika tak segera diatasi, maka hal tersebit akan mengakibatkan banyak hal dari warga binaan pemasyarakatan.

Sigit menyadari, dalam peningkatan kapasitas sarpras rutan tentu memiliki beberapa kendala. Namun ia berharap agar progres pemenuhan sarpras bisa dilakukan secara bertahap, tapi pasti.

“Kedepan upaya tersebut harus dilakukan dengan terencana, terarah dan sistematis sehingga dapat menjamin terselenggaranya kegiatan pembinaan warga binaan pemasyarakatan yang maju dan lebih baik,”pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: