FOTO : Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susiawati.

Kualitas Pendidikan Tentukan Masa Depan Siswa

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Merosotnya kualitas pendidikan belakangan ini sangat mengkhawatirkan seperti kehilangan arah menyebabkan terjadi penurunan kualitas siswa yang merupakan sumber daya manusia (SDM) untuk pembangunan daerah kedepannya.

“Kemampuan berliterasi yang sangat rendah, membaca, berhitung sebagai hal mendasar dalam kehidupan sangat sulit dipahami sebagian besar pelajar-pelajar di kita. Sehingga hal ini menjadi perhatian serius dunia pendidikan,” kata salah seorang guru di Kotim, Renita, Senin 30 Januari 2023.

Begitu juga, ujarnya, kemerosotan moral membuat para orangtua mengelus dada melihat generasi muda saat ini, pergaulan yang tidak sehat, narkoba, seks bebas dan kenakalan remaja menjadi sesuatu hal yang biasa saat ini sungguh miris dan sangat memprihatinkan.

“Maka dari itu dalam pembelajaran di sekolah hendaknya memuat tidak hanya ilmu umum namun juga di bidang kerohanian, agar peserta didik lebih bertaqwa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Sampit, Abdurrahman mengatakan, sebagai upaya menekan kenakalan remaja, pihaknya selalu memasukkan materi-materi berkaitan kenakalan remaja dan bahayanya di setiap penerimaan siswa baru.

“Jadi kita mengundang pemateri dari instansi terkait untuk mengisinya, sehingga pada awal masuk sekolah anak-anak sudah dibekali ilmu pengetahuan untuk membentengi diri mereka dari kegiatan yang termasuk dalam kenakalan remaja,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: