FMIS Berikan Kemudahan Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah

Foto : Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu

 

BERITAKALTENG.COM, Palangka Raya – Semua Perangkat Daerah (PD) dilingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, diharap mampu meningkatkan kemampuan menggunakan Aplikasi Financial Management Information System (FMIS).

Demikian hal tersebut ditekankan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, saat ditanya terkait aplikasi FMIS, Rabu (11/1/2023), di Palangka Raya.

Hera menjelaskan, aplikasi FMIS ini bertujuan untuk mendukung kinerja penatausahaan keuangan daerah yang dikembangkan oleh BPKP. “Aplikasi ini menggantikan SIMDA keuangan yang sebelumnya pernah digunakan,”jelasnya.

Selain itu lanjut sekda, aplikasi tersebut juga dijalankan untuk kepentingan pengawasan seperti audit, review, monitoring, evaluasi dan pendampingan. “Untuk tugas ini dijalankan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP),”kata Hera, menambahkan.

Lebih lanjut Hera menjelaskan, secara umum aplikasi FMIS memberikan kemudahan pengelola keuangan daerah untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan anggaran dan pelaporan pengelolaan serta pengelolaan pendapatan secara otomatis.

Tak kalah penting manfaat utamanya sebut dia, aplikasi FMIS dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih efektif karena ketersediaan data. Kemudian mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan langkah kerja tertentu memastikan penghematan waktu dan efisiensi.

Tidak hanya sampai disitu saja, melalui aplikasi FMIS juga membantu mengurangi biaya operasional dan memberikan pemahaman yang lebih luas serta mendalam tentang profil entitas audit.

“Aplikasi FMIS ini secara tidak langsung dapat membantu dalam hal pengawasan kinerja, serta mendorong peningkatan kinerja perangkat daerah dengan lebih baik lagi,” pungkasnya. (VD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: