Foto : Pegawai dari DPKP Kabupaten Gumas sedang melakukan pemantauan harga bapok di pasar tradisional.(ist)

Jelang Nataru, Harga Bapok di Gumas Dinilai Stabil

Foto : Pegawai dari DPKP Kabupaten Gumas sedang melakukan pemantauan harga bapok di pasar tradisional.(ist)

BERITAKALTENG.COM, KUALA KURUN – Dalam menjelang natal dan tahun baru (Nataru) pada bulan Desember 2022, untuk harga kebutuhan pokok (Bapok) diwilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dinilai masih stabil. Hal itu terbuktik hasil yang didata dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gumas tercatat dari bulan Oktober hingga bulan ini harga masih normal.

Kepala DPKP Kabupaten Gumas Hansli Gonak mewakili Bupati menjelaskan, terkait harga kebutuhan pokok di wilayah setempat dinilainya masih stabil, karena sesuai data dari bulan lalu ada sebagian harga yang masih tetap seperti beras hingga kebutuhan lain harga tetap standar.

“Untuk harga bapok kita di Gumas berpariasi ada sebagian saja yang mengalami kenaikan, tetapi banyak yang masih harga tetap atau masih stabil, artinya tidak ada lonjakan seperti beras premium perkilonya mencapai Rp 16 ribu sama seperti bulan lalu,” ucap Hansli Gonak, Jumat (16/12/2022).

Lalu ada juga yang mengalami kenaikan, jelas dia, seperti jenis bahan makanan misalnya beras hibrida naik sekitar Rp 1000, perkilonya dari harga sebelumnya hanya Rp 11 ribu. Kemudian, beras sari wangi mencapai Rp 14 ribu, beras merk karang dukuh mencapai Rp 16 ribu.

Selain itu, katanya ada, bawang putih dengan harga Rp 40 perkilo, namun untuk harga daging sapi ada penurunan dari harga awal Rp 160 ribu, dan turun sekitar Rp 155 ribu. Lalu, ada daging ayam turun dari Rp 50 ribu turun sekitar Rp 45 ribu.

“Yang mengalami penurunan harga seperti cabai rawit dari harga Rp 100 ribu, turun Rp 90 ribu perkilonya, dan untuk harga kebutuhan barang lainnya harga masih tetap,” ujar dia.

Sedangkan utuk ketersedian bapok di daerah kecamatan, dia berujar, khususnya di Gumas mulai dari beras, garam, ikan, tepung, telor, susu, cabai, kacang, sayur dan lain-lainnya dinilai masih cukup serta harganya pun masih normal.(ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: