Foto : Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Ruselita

Dewan Kota Dorong Optimalisasi Penanganan PMK

Foto : Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Ruselita

Beritakalteng.com, Palangka Raya – Kalangan DPRD Kota Palangka Raya mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya untuk dapat mengoptimalkan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke hewan ternak.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita bahwa meski PMK di Kota Palangka Raya saat ini sudah dinyatakan zero case alias tidak ada kasus, namun kewaspadaan, terutama antisipasi dini perlu dilakukan, sebab bisa saja hewan ternak kembali tertular, karena virus PMK ini cepat menular dan berbahaya.

“Jadi harus diantisipasi, jangan sampai hewan ternak tertular. Terlebih penularan virus PMK ini sangat cepat, sehingga berbahaya bagi hewan ternak,” kata Ruselita, Senin (5/9/2022).

Lebih jauh srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Perindo ini menjelaskan, untuk mengantisipasi PMK, maka pemerintah harus melakukan vaksinasi lebih awal hewan ternak.

Meskipun disadari, dosis vaksin PMK ini masih belum merata diberikan ke hewan ternak karena baru sedikit yang dipesan, namun pemberian vaksin tetap dilakukan.

“Sembari menunggu vaksin, maka instansi teknis dapat melakukan antisipasi pencegahan penularan PMK. Seperti pembatasan dan pembersihan kandang-kandang atau melakukan metode pencegahan lainnya,” ungkapnya.

Disampaikan Ruselita, Kota Palangka Raya menjadi salah satu daerah yang hewan ternaknya tertular PMK. Namun sudah ditangani dengan baik oleh pihak terkait.

Terlebih sejauh ini pembatasan dan pengecekan keluar masuk hewan ternak telah dilakukan secara ketat, sehingga jangan sampai ada hewan ternak dari luar yang masuk menjangkiti hewan ternak yang sehat.

“Kami mengapresiasi Pemko Palangka Raya melalui instansi terkaitnya yang sejauh ini telah melakukan penanganan PMK, dengan cepat dan tepat serta aman,” tutupnya.(ae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: