Foto Bersama : Suasana kegiatan pelibatan pemuda dalam pencegahan Radikalisme dan Terorisme dengan pitur kebangsaan oleh FKPT Kalteng.

FKPT Kalteng Ajak Kalangan Muda Cegah Radikalisme dan Terorisme

Foto Bersama : Suasana kegiatan pelibatan pemuda dalam pencegahan Radikalisme dan Terorisme dengan pitur kebangsaan oleh FKPT Kalteng.

Beritakalteng.com, Palangka Raya – Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko membuka kegiatan Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme Dengan Pitur Kebangsaan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Kordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalteng itu berlangsung di Student Center Lantai Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Kamis 01/09/2022.

Dalam sambutannya, Yuas Elko mengatakan bahwa terselenggaranya proses pembangunan nasional berkelanjutan dalam rangka tercapainya tujuan nasional ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, yang dapat memberikan kekuatan kepada masyarakat dalam mencegah, menangkal, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum, termasuk isu dan gangguan keamanan yang terkait dengan radikalisme dan terorisme.

Upaya penanganan terorisme yang selama ini dilakukan oleh aparat keamanan dengan memburu, menangkap dan mengeksekusi para pelaku teroris, ternyata bukan menyurutkan gerakan terorisme. Nyatanya kelompok-kelompok radikal terorisme itu justru mampu mengembangkan pola-pola tindakan dan penyebarannya yang lebih kuat, dimulai dengan mempersiapkan kelompok-kelompok pemuda untuk terlibat dalam gerakan terorisme.

“Hal ini harus bisa dicegah, salah satunya dengan penyebarluasan informasi mengenai terorisme kepada tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, tokoh agama, budayawan dan para pelajar di berbagai lembaga pendidikan,” imbuh Yuas.

Yuas menambahkan salah satu upaya pencegahan teroris yang perlu dilakukan adalah dengan penyebarluasan informasi mengenai terorisme kepada tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, tokoh agama, budayawan dan para pelajar di berbagai lembaga pendidikan.

“Maka melalui para tokoh penyebarluasan pengetahuan mengenai terorisme ini dapat disampaikan dan dipahami oleh masyarakat sekaligus sebagai upaya melawan paham-paham terorisme ini dengan menanamkan nilai-nilai budaya damai sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” Tambahnya.

Dalam kesempatan ini Staff Ahli Gubernur Kalteng menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas pelaksanaan Kegiatan Pelibatan Pemuda dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme dengan Pitutur Kebangsaan “Ekspresi Indonesia Muda” Tahun 2022.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan dapat menghasilkan suatu rumusan keputusan/rekomendasi/saran yang produktif sebagai bahan masukan kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan para pemangku kepentingan lainnya,” Tutupnya. (Rik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: