RSJS Buntok Datangkan Tiga Residen Dokter Spesialis Dari Fakultas Kedokteran UNHAS

Foto : Staf Dosen Departemen Ilmu Anestesi Fakultas Kedokteran UNHAS, Dr. dr. Hisbullah bersama rombongan staf fakultas kedokteran UNHAS saat meninjau fasilitas di RSUD Jaraga Sasameh Buntok dalam giat Visitasi, Sabtu (18/6/2022).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Guna memenuhi peningkatan pelayanan kepada masyarakat, RSUD Jaraga Sasameh (RSJS) Buntok, Kabupaten Barito Selatan mendatangkan tiga orang residen dokter spesialis dari fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, Sulawesi Selatan.

Diterangkan oleh Direktur RSJS, dr. Norman Wahyu, tiga residen dokter spesialis tersebut, adalah spesialis kandungan dan spesialis anak, jantung, anestesi dan spesialis paru-paru.

“Tiga residen dokter spesialis ini didatangkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya kepada awak media di sela kegiatan menerima tim visitasi dari Fakultas Kedokteran, UNHAS Makassar, Sabtu (18/6/2022).

Ia mengatakan, dengan hadirnya beberapa residensi dokter spesialis dari fakultas kedokteran UNHAS ini, diharapkan kedepannya RSJS mampu mengurangi angka rujukan.

“Kalau memang masih mampu, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan tetap dilayani di RSUD ini,” imbuhnya.

Dijelaskan Wahyu, kerjasama antara RSJS dengan Fakultas Kedokteran UNHAS ini sebenarnya sudah terjalin sejak tahun 2018 lalu dan tim visitasi telah beberapa kali melakukan kunjungan ke Buntok.

“Kami sudah bekerjasama dengan UNHAS ini sejak 2018 lalu, ini merupakan kunjungan yang kesekian kalinya dari fakultas kedokteran UNHAS ke RSJS Buntok,” ungkapnya.

Sambung Wahyu lagi, kedepannya pihaknya juga akan terus melakukan pembenahan baik dari SDM maupun sarana dan prasarana, termasuk penambahan peralatan medis di RSJS.

Karena selama ini, RSJS juga telah bekerjama dengan UNHAS dalam bidang pendidikan dokter, dengan menempatkan beberapa mahasiswa kedokteran asal Barsel untuk belajar di fakultas kedokteran yang berdiri sejak tanggal 28 Januari 1956 tersebut.

“Hal itu dilakukan dalam upaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucap dia.

Untuk itu, dia pun berharap dukungan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan Pemkab, agar pelayanan kesehatan bisa terus meningkat.

Sementara itu, sebelumnya Staf Dosen Departemen Ilmu Anestesi Fakultas Kedokteran UNHAS, Dr. dr. Hisbullah, memuji ketersediaan fasilitas anestesi yang ada di RSJS karena dinilai cukup lengkap.

“Sarana dan prasarana yang di RSJS ini cukup lengkap ya, meskipun mungkin masih perlu ada beberapa nanti penambahan fasilitas lainnya untuk penunjang pelayanan, terutama di bidang teknologi,” sebutnya.

“Tapi secara umum, terbilang cukup lengkap dan sudah mampu memenuhi pelayanan kepada masyarakat, sehingga diharapkan bisa mengurangi jumlah rujukan,” pungkas Hisbullah.(Sebastian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: