Tim Visitasi Fakultas Kedokteran UNHAS Puji Ketersediaan Fasilitas di RSJS Buntok

Foto : Rombongan fakultas kedokteran UNHAS saat melakukan pengecekan fasiltas kesehatan di RSJS Buntok, Sabtu (18/6/2022).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Tim Visitas Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin (UNHAS) Makasar, Sulawesi Selatan, memuji ketersediaan fasiltas yang ada di RSUD Jaraga Sasameh (RSJS) Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Hal itu diutarakan oleh Sekretaris Manager Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas kedokteran UNHAS, DR. dr. Risna, di sela kegiatan visitasi di RSJS Buntok, Sabtu (18/6/2022).

Dia mengatakan, bahwa tujuan visitasi ini adalah untuk melihat fasilitas yang tersedia di RSJS, terkait kerjasama dengan Pemkab Barsel dan RSJS Buntok dalam hal penyediaan tenaga spesialis yang belum tersedia.

Ia menyampaikan dalam kerjasama kali ini, pihaknya mengirimkan tiga residen atau dokter yang mengambil pendidikan dokter spesialis yang sudah berada di tingkat akhir yakni spesialis jantung, paru-paru dan spesialis anestesi.

Ia berharap, dengan dikirimnya residen dokter-dokter spesialis ini, pelayanan di RSJS Buntok kepada masyarakat khususnya di Barsel bisa lebih optimal lagi.

“Spesialis tersebut diantaranya spesialis kandungan dan spesialis anak, sepsialis jantung, anastesi, dan spesialis paru-paru,” terangnya.

Sedangkan, jelas Risna lagi, visitasi yang dilakukan saat ini adalah untuk memastikan melihat secara langsung ketersediaan fasilitas di rumah sakit.

“Karena percuma dikirim spesialisnya kalau peralatannya tidak ada. Alhamdulillah berdasarkan visitasi seperti di poli jantung, peralatannya sudah lengkap,” puji Risna.

“Jadi kalau masyarakat ada keluhan penyakit jantung, silahkan datang ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok dan kalau memang tidak bisa ditangani di sini baru dirujuk ke Palangka Raya,” imbuh dia lagi.

Ia menyampaikan visitasi yang dilakukan ini, juga bertujuan untuk meyakinkan keberlangsungan kerjasama antara RSJS dan UNHAS kedepannya.

“Karena, apabila sudah ada dokter spesialis jantungnya di RSUD ini, kita tidak perlu lagi mengirim residen dokter spesialis jantung,” kata dia.

“Sementara, seperti dokter spesialis kandungan yang ada saat ini kelelahan karena banyaknya pasien, sehingga mereka mengirim surat kepada kami untuk mendatangkan residen spesialis kandungan yang sudah senior ke RSJS Buntok ini,” jelasnya mengakhiri.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: