Kick off HUT SPS ke 76 Tahun Digelar di Pekan Baru

FOTO : Ketua Harian Serikat Perusahan Pers, H. Januar P. Ruswita (tengah) bersama Ketua Dewan Pers, Ketua Dewan Pers, Prof. DR. Azyumardi Azra (kanan) dan Sekjen SPS Pusat, Asmono Wikan (kiri) saat potong tumpeng tanda dimulainya kick-off HUT ke-76 SPS di Provinsi Riau mendatang.

 

BERITAKALTENG.com – JAKARTA – Guna memperkokoh dan memperjuangkan kemerdekaan Pers lebih bermartabat sehat dan kompetitif, Serikat Perusahaan Pers (SPS) gelar silaturahmi insan pers dengan Dewan Pers sekaligus kick-off ke-76 tahun SPS di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (8/6/2022).

Dalam sambutannya, Ketua Harian Serikat Perusaan Pers, H. Januar P. Ruswita  mengucapkan terima kasih kepada semua petinggi Dewan Pers serta anggota SPS di seluruh Indonesia dalam acara Kick-off Hut SPS ke-76.

“Acara perhelatannya akan dilaksanakan di Pekan Baru, Riau pada tanggal 6 Juli mendatang. Satu dua tahun lalu SPS mempunyai anggota sekitar 800 orang lebih, namun karena perkembangan era yang semakin modern kita sekarang memiliki 350 lebih saja, artinya ada penurunan yang cukup signifikan,” ujarnya.

Januar menjelaskan bahwa SPS dulunya banyak memiliki media cetak, namun sekarang sudah berubah ke online.

“Tidak bisa kita pungkiri, namun dengan adanya SPS yang bergerak di bidang industri akan selalu kokoh untuk memajukan di bidang industri, seperti Provinsi Riau bukannya berkurang anggota SPS, namun bertambah,” terang Januar.

Sementara Ketua Dewan Pers, Prof. DR. Azyumardi Azra dalam sambutannya sangat apresiasi atas dedikasi yang selama ini diberikan oleh SPS.

“Saya sangat mendukung atas acara persiapan kick-off ke-76 yang akan di selenggarakan di Provinsi Riau nantinya. Acara kick off ini seperti sepak bola, dimana tendangan pertama itu menandakan dimulainya rangkaian kegiatan HUT-nya SPS,” katanya.

Azra menambahkan, peran SPS sangat penting, mengingat tanpa adanya SPS insan Pers akan buyar semua, bahkan menurutnya demokrasi juga akan pudar.

“SPS ini bukan hanya perusahannya saja, SPS ini menjadi tulang punggung, makanya dengan adanya SPS ini bisa menjadi kesejahteraan insan pers dan kebebasan pers. Walaupun seperti yang dijelaskan oleh ketua harian tadi banyak tantangan, tapi ini menjadi motivasi kita untuk lebih maju ke depan,” harapnya

Menurut Azra yang terpenting adalah kolaborasi untuk merapatkan barisan supaya SPS dengan Dewan Pers bisa lebih maju.

“Harus ada kolaborasi serta perlu kontribusi supaya menjadi kuat, tidak mungkin insan pers menjadi kuat kalau tidak didukung oleh perusahaan pers yang kuat juga,” terangnya.

Azra berharap kedepannya ada insan pers atau jurnalis serta perusahaan pers harus memiliki terobosan terobosan baru untuk meningkatkan sistem waralaba keduanya. (Don/arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: