DPRD Kotim Dukung Terobosan Halikinnor

FOTO : Ketua DPRD Kabupaten Kotim, Dra Rinie memimpin rapat paripurna.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Dra. Rinie sangat mendukung langkah Bupati Kabupaten Kotim H Halikinnor bersama jajarannya menyambangi DPR RI untuk menyampaikan usulan program pembangunan di daerah ini agar mendapat dukungan pemerintah pusat.

“Kami sangat mendukung terobosan yang dilakukan oleh Bupati Kotim untuk mencari sumber pembiayaan melalui APBN untuk pembangunan di Kabupaten Kotim ini. Hal tersebut merupakan terobosan yang sangat tepat,” kata Rinie, saat dibincangi di ruang kerjannya, Kamis (31/3/2022).

Menurutnya banyak kebutuhan anggaran yang dibutuhkan di tengah kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kotim yang masih tidak ideal, untuk itu disampaikanlah usulan program pembangunan yang nilainya lebih dari Rp 3 triliun kepada DPR RI dengan harapan dapat dapat bantu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Usulan itu untuk tahun 2023 dan selanjutnya, seperti ketahanan pangan secara luas yang mencakup infrastruktur, distribusi, kelistrikan dan kepentingan lainnya untuk mendukung ketahanan pangan dan pembangunan didaerah ini, dan usulan yang disampaikan juga sesuai porsi APBN,” ujar Rinie.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengatakan momen tersebut memang sangat tepat bagi Pemerintah Kabupaten Kotim untuk menyampaikan usulan tersebut karena saat ini pihak DPR RI memang sedang menyerap aspirasi yang ada di masyarakat, pihaknya juga berharap usulan yang disampaikan oleh Bupati Kotim ke DPR RI dapat direalisasikan.

“Usulan yang disampaikan oleh Bupati itu sangat pas, kan saat ini pihak DPR RI sedang melakukan penyerapan aspirasi masyarakat ke daerah pemilihannya masing-masing, maka dari kami juga berharap usulan yang disampaikan itu dapat direalisasikan oleh pemerintah pusat melalui anggaran APBN,” harap Rinie.

Dirinya juga menyebutkan hubungan pemerintah pusat dengan pihak legislator di DPR RI memang harus dilakukan guna memperjuangkan pembangunan di daerahnya, apalagi dengan singkatnya masa jabatan kepala daerah, dan ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 masih terjaga sehingga harus menyedot APBD Kabupaten ini membuat langkah-langkah setrategis itu sangat diperlukan.

“Kami juga sangat percaya kepada pemerintah daerah untuk terus mengupayakan pembangunan daerah ini, kami juga melalui partai politik terus berupaya mendorong dan mendukung agar bagaimana itikat kepala daerah dalam melakukan pembangunan didaerah ini agar dapat lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtara lagi,” tutupnya. (bm/arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: