Polisi Terus Usut Dugaan Korupsi Alat Kesehatan di RSUD Jaraga Sasameh

Alkes : Polisi terus usut adanya dugaan tindak pidana korupsi pengadaan alat kesehatan di RSUD Jaraga Sasameh Buntok tahun 2018.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Kepolisian Resort (Polres) Barito Selatan tegaskan akan terus mengusut adanya dugaan tindak pidana korupsi, dalam pelaksanaan pengadaan alat-alat kesehatan di RSUD Jaraga Sasameh Buntok tahun anggaran 2018.

Hal ini, ditegaskan oleh Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro, SIK kepada awak media melalui pesan singkat, Selasa (16/2/2021).

Dalam keterangannya, perwira polisi berpangkat dua melati tersebut mengatakan, bahwa polisi telah melakukan ekspose dengan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Kalimantan Tengah.

“Wa alaikum salam, sudah expose dengan BPKP perwakilan kalteng dan sekarang (sedang) melengkapi kekurangan penyelidikan,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, lanjut Agung, berkaitan ada atau tidaknya dugaan tindak pidana korupsi dalam kasus tersebut, masih dalam penyelidikan oleh penyidik Polres.

“Masih dalam proses lidik,” jawabnya singkat.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh awak media, diduga ada tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan alat kesehatan yang menelan biaya sebesar Rp10,7 milyar tersebut.

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) tahun 2013 telah menerbitkan peraturan baru mengenai pedoman e-katalog pengadaan alat kesehatan tersebut.

Bagi vendor alat kesehatan yang berminat ikut e-katalog ini bisa mengikat kontrak dengan LKPP.

Hal ini dilakukan, agar instansi yang membutuhkan tinggal membanding-bandingkan saja harga dan kualitas alat kesehatan yang disediakan para vendor di e-katalog.

Namun pada kenyataanya, pengadaan Alkes di RSUD Jaraga Sasameh Buntok yang pada tahun 2018 itu berada dibawah kepemimpinan dr. Leonardus P. Lubis sebagai direkturnya, diadakan melalui tahapan lelang yang dimenangkan oleh PT. Prabu Mandiri Jaya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: