Pembagian Sertifikat : Sebanyak

Sebanyak 1.913 Sertifikat Tanah Diserahkan Kepada Warga di Barsel

Pembagian Sertifikat : Sebanyak 1.913 dari total target 3.078 lembar sertifikat tanah diserahkan oleh Kepala BPN Barsel Ahmad Bajuri, APtnh dan Sekda Barsel Eddy Purwanto kepada masyarakat, Senin (9/11/2020).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Kepala Badan Pertanahan (BPN) perwakilan Kabupaten Barito Selatan Ahmad Bajuri bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Eddy Purwanto, hadiri acara penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat yang dilaksanakan secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Senin (9/11/2020).

Seusai mengikuti kegiatan di Aula Setda Kantor Bupati setempat, Eddy Purwanto didampingi Ahmad Bajuri dan anggota forum komunikasi pemerintah daerah (Forkopimda) Barsel, menyerahkan ribuan persil sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat beberapa Desa di Barsel.

Eddy mengatakan, bahwa tujuan dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini, adalah agar masyarakat memiliki kepastian hukum dalam kepemilikan tanah.

Diharapkan, dengan adanya sertifikat tanah ini, masyarakat akan terhindar dari konflik agraria.

“Selama ini banyak konflik agraria yang merugikan masyarakat. Karena mereka tidak memiliki sertifikat tanah sehingga tidak ada kepastian hukum dalam kepemilikan tanah mereka. Konflik tanah biasa terjadi saat adanya investasi dan pembangunan masuk,” jelasnya.

Selanjutnya diungkapkan oleh mantan Kepala Bappeda Barsel itu, untuk di Barsel sendiri sertifikat yang akan diterbitkan total sebanyak 3.078 bidang, dimana sertifikat tersebut nantinya akan menjadi pegangan masyarakat bahwa hak keperdataan atas tanah syah.

“Ini program yang luar biasa dan mudah – mudahan bisa berlanjut di tahun-tahun akan datang,” imbuhnya.

Sementara itu, diterangkan oleh Ahmad Bajuri, terkait penyerahan sertifikat secara virtual, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Barsel yang telah memfasilitasi tempat, sehingga acaranya bisa berlangsung dengan baik.

Kemudian dirinya juga menyampaikan tahun ini Barsel memperoleh target sertifikat sebanyak 3.078 sertifikat, dimana hingga saat ini sudah diselesaikan sebanyak 1.913 dan akhir Desember 2020 diharapkan semuanya sudah diterbitkan.

“Kami atas nama Kementrian Agraria BPN, lebih khusus kantor pertanahan Barsel, mengucapkan terima kasih kepada Pemda dan semua pihak yang telah membantu selama ini,” ucapnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: