FOTO : Pemasangan unit-unit RPS yang dilakukan oleh Tim RPS Fakultas Teknik UPR, bersama-sama warga Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Inovasi RPS Fakultas Teknik UPR Mulai Diimplementasikan

FOTO : Pemasangan unit-unit RPS yang dilakukan oleh Tim RPS Fakultas Teknik UPR, bersama-sama warga Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Setelah memberikan sosialisasi, terkait proses pembuatan dan pemasangan RPS, kepada masyarakat yang berada di sepanjang bantaran Sungai Kahayan, tepatnya kepada warga di wilayah RT.01/RW.01, Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangka Raya.

Tim Repeated Processing Septictank (RPS) Fakultas Teknik UPR bersama warga setempat, bersama-sama melakukan pemasangan RPS. hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan hasil sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni sejak tanggal 8 sampai 9 Oktober 2020 kemarin.

Wakil Dekan Fakultas Teknik UPR, Tatau Wijaya Garib menyampaikan, Pemasangan RPS dirumah warga ini, sebelumnya telah berkoordinasi dengan Bapak Hamdan selaku ketua RW.1 Kelurahan Pahandut Seberang.

“Adapun alasan pemilihan pemasangan RPS, di rumah yang bersangkutan (Bapak Ardani) karena mengingat, di dalam rumah tersebut, ternyata ada anggota keluarga yang berkebutuhan khusus, yang tidak dapat BABs ke Jamban (Lanting/Batang, red). Sehingga, sangatlah tepat dan wajar, jika pemasangan dilakukan di lokasi tersebut,” Ujar Tatau sapaan akrabnya ini, Selasa (13/10/2020).

Lebih lanjut, Tatau juga menyebutkan percontohan RPS, dipasang di salah satu rumah warga, yakni Bapak Ardani yang belum memiliki septictank.

Pemasangan RPS, dilakukan dengan cara memasang unit-unit RPS pada tiang-tiang rumah. Banyaknya unit RPS yang dirangkai, menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Rangkaian ini merupakan satu kesatuan yang saling terkait.

Bagian unit-unit RPS, dipasang pada tiang-tiang rumah. Untuk jumlah unit RPS, yang dirangkai menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Rangkaian ini merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Proses pengolahan tinja yang dilakukan berulang-ulang di tiap unit diharapkan mampu mengolah tinja menjadi lebih efektif.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: