Dewan Kalteng Minta Pemda Cepat Tanggap Atas Bencana Banjir

FOTO : Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalteng meminta agar Pemerintah Daerah cepat tanggap atas bencana banjir yang terjadi di sejumlah Kabupaten yakni Kabupaten Lamandau, Katingan, Seruyan dan Kotawaringin Timur (Kotim).

Seperti yang disampaikan, Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing bahwa pemerintah harus tanggap menyikapi banjir yang terjadi. Dengan memberikan Bantuan Sosial (Bansos) dalam hal ini kebutuhan dasar, terutama keperluan makan, minum termasuk juga obat-obatan, air bersih dan pakaian.

“Semua harus diperhatikan oleh pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak banjir. Kalau memang pemerintah kabupaten kurang maksimal, maka provinsi diharapkan bisa ikut membantu,” Kata Rawing, Senin (14/9/2020).

Berbagai jenis bantuan tentu dimiliki masing-masing daerah. salah satu contohnya yakni cadangan beras pemerintah (CBP) yang disimpan di gudang Bulog. CBP dapat disalurkan sewaktu-waktu dalam kondisi tertentu, seperti seperti halnya jika terjadi bencana alam atapun bencana non alam.

Tidak hanya itu saja, politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini juga meminta pemerintah tidak hanya penyaluran bantuan sosial saja, tapi juga harus memikirkan langkah evakuasi warga guna menghindari korban jiwa, mengingat banjir yang terjadi di beberapa wilayah tersebut terbilang cukup parah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: