FOTO : pelaksanaan wisuda UPR tahun 2019 lalu. (ilustrasi/beritakalteng.com)

Pandemi Covid-19, Wisuda UPR Periode Agustus 2020 Dilaksanakan Secara Daring

FOTO : pelaksanaan wisuda UPR tahun 2019 lalu. (ilustrasi/beritakalteng.com)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA –  Pelaksanaan wisuda yang dilaksanakan oleh Universitas Palangka Raya (UPR), selasa (1/8/2020) tepatnya sore nanti akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19.

Pelaksanaan wisuda periode Agustus 2020, tidak hanya diikuti oleh para wisudawan periode Agustus 2020 saja, tapi juga diikuti oleh wisudawan periode April 2020.

“Kondisi Pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih mewabah di Kota Palangkaraya, sangat tidak lah memungkinkan untuk menggelar wisuda secara langsung atau mengumpulkan orang banyak,” kata Rektor UPR Dr. Andrie Elia Embang melalui Ketua Panitiia penyelenggara wisuda periode Agustus 2020, Iring, SE., M.Si, senin (31/8/2020).

Maka dari itu jelas Iring menambahkan, wisuda digelar melalui sambungan virtual saja. Yang bakal hadir, hanya lah perwakilan 8 (delapan) besar, lulusan terbaik dari masing-masing periode (April dan Agustus) 2020, serta senat universitas dan itu juga tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi COVID-19 secara ketat.

Setelah melalui beberapa tahapan atau proses, yakni mulai dari Rektor UPR bapak Dr. Andrie Elia mengajukan surat permohonan, kepada tim gugus tugas COVID-19 Palangkaraya.

Serta, melakukan koordinasi secara intens, dan memastikan berbagai persiapan, baik dari panitia penyelenggara maupun peserta wisuda, serta tata acara kegiatan, termasuk pula penerapan protokol kesehatan, saat acara yang akan dilaksanakan nantinya, bisa dipastikan benar-benar aman dari penularan pandemi COVID-19.

Maka, akhirnya pelaksanaan wisuda di lingkungan UPR periode Agustus 2020 ini, bisa diijinkan oleh gugus tugas COVID-19 Palangkaraya, sehingga dapat dilaksanakan, namun dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Adapun jumlah calon wisudawan keseluruhan, yang akan mengikuti acara wisuda pada periode Agustus 2020, yakni terdiri atas calon wisudawan periode bulan April 2020 ada sebanyak 911 orang, kemudian calon wisudawan periode bula Agustus ada sebanyak 631 orang, sehingga totalnya ada sebanyak 1.542 orang.

Yang hanya mengikuti acara wisuda secara langsung, hanya ada sekitar 150 orang saja, terdiri atas perwakilan dari masing-masing periode wisuda, yakni 8 orang lulusan terbaik dari periode April 2020, serta 8 orang dari calon wisudawan periode Agustus 2020, sehingga totalnya ada sebanyak 16 orang calon wisudawan yang berhadir, dan ada pula dengan cara ‘Drive Thru’, tanpa didampingi oleh pihak keluarga, hanya calon wisudawan saja.

Dijelaskan Iring,  Selanjutnya, dalam pelaksanaan wisuda secara langsung, pihaknya juga melakukan metode yang terbilang baru dalam pelaksanaan wisuda di lingkungan UPR, yakni dengan cara ‘Drive Thru’ atau calon wisudawan, dengan menggunakan kendaraan, melintasi jalur yang telah disediakan oleh panitia, yang berada tepat di depan pintu masuk gedung rektorat.

Kemudian, para calon wisudawan akan dikukuhkan oleh Rektor UPR, dengan memposisikan tali pada topi toga calon wisudawan satu persatu, sebagai simbol seseorang wisudawan telah dikukuhkan.

Sementara, untuk calon wisudawan lainnya, akan mengikuti acara wisuda melalui sambungan virtual atau dalam jaringan. Tata laksana acara wisuda ini, dinilai cukup aman dari potensi penularan pandemi COVID-19.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: