Infrastruktur Jalan dan Jembatan Menuju Kaltim Wajib Dibangun

FOTO : Wakil Ketua DPRD Kalteng H Jimmy Carter

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA –  Wakil Ketua DPRD Kalteng H Jimmy Carter mendorong pemerintah provinsi Kalteng melalui dinas atau instansi terkait untuk dapat terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ke wilayah Kaltim yang merupakan pusat Pemerintahan RI.

“Infrastruktur darat menuju IKN di Kaltim mesti mendapat prioritas. Apalagi Barito Utara sendiri berbatasan langsung, dengan provinsi yang kedepan menjadi pusat pemerintahan RI,” kata Jimmy, Selasa (18/8/2020)

Keberadaan Kalteng yang cukup berdekatan dipastikan akan terkena dampak positif baik secara ekonomi, sosial, budaya maupun sektor lainnya.

Menurutnya, Dengan adanya infrastruktur yang memadai, maka secara tidak langsung akan dorong percepatan peningkatan ekonomi masyarakat.

“peningkatan jalan dan jembatan salah satu sektor utama sebagai penunjang pembangunan, karena Kalteng khususnya daerah yang berbatasan seperti Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, menjadi daerah penyangga ibukota baru Paser Utara Penajam, Kaltim,” kata wakil rakyat dapil IV untuk Barsel, Bartim, Barut dan Murung Raya ini.

Dirinya juga mendorong dalam upaya mengoptimalkan jalur tersebut tidak hanya ditunjang dari APBD saja, namun juga perlu dukungan sumber pendanaan dari APBN.

Akses jalan serta infrastruktur jelas wajib dibangun, apalagi dengan wilayah yang memang berbatasan langsung, seperti di Barito Utara (Barut) maupun Murung Raya (Mura).

“Kedepan tidak hanya dibangun semaksimal mungkin, kalau perlu ada jalan khusus seperti jalur tol, yang dapat fungsional dengan sangat baik,” harapnya.

Ian menyarankan rencana peningkatan infrastuktur ke IKN-baru mestinya sudah direncanakan sejak saat ini, sehingga bisa terus yang berjalan, walaupun realisasinya dua tiga tahun mendatang.

“Perencanaan harus mulai dari sekarang, karena itu kebutuhan menunjang berbagai sektor kedepan, ini juga demi kepentingan ruas jalan yang optimal, menuju IKN,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: