Pemda Kotim Berharap Bantuan Sosial Dampak Covid-19 Jangan Sampai Salah Sasaran

FOTO : Istimewa

Beritakalteng.com, SAMPIT – Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kotim berkomitmen untuk membantu masyarakat yang terpapar akan virus tersebut dengan memberikan sembako gratis.

“Kami akan memberikan sembako gratis kepada masyarakat yang terpapar terutama yang terindikasi orang dalam pengawasan (ODP) dan keluarga pasien dalam pengawasan (PDP),” ujar Kepala Dinsos Kabupaten Kotim Rusmiati.

Menurutnya, penerima sembako ini akan didata dalam data base terpadu yang dikelola Dinsos Kotim, untuk data reguler saat ini dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015 yang terdata sekitar 30.876 kepala keluarga (KK) yang didata layak menerima bantuan pemerintah, 18.768  KK diantaranya sudah menerima bantuan program sembako dari pemerintah, dari jumlah 18 ribu KK lebih itu, ada 10.917 KK sudah masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kita tidak tahu virus ini sampai kapan, tetapi sudah pasti ada dampak langsung dari virus ini karena akan berakibat dengan munculnya penduduk hampir miskin, jika didata secara keseluruhan dengan masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kotim data tersebut akan bertambah,” jelas Rusmiati.

Rusmiati mengatakan, bahwa pemerintah daerah mempersiapkan bantuan sembako tambahan jumlahnya sekitar 20.000 ribu paket sembako, hal ini mengantisipasi penambahan dampak dari Covid-19 dan masyarakat miskin yang belum tercover yang angkanya sekitar 12.000 lebih dan berasnya diambil dari cadangan beras pemerintah sekitar 100 ton.

“Kami juga harap bantuan ini jangan sampai salah sasaran, dan kepada yang mampu janganlah meminta bantuan ini, sebab banyak yang tidak mampu yang berhak menerima bantuan ini, dan kami juga pastikan bantuan sembako ini disalurkan secepatnya, sesuai apa yang diintruksi Bupati,” tutupnya.(dro/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: