Foto :

Jelang HBKN, DPRD Kota Dorong Pemko Pantau Ketersediaan Bahan Pokok

Foto : Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Yudhi Karlianto Manan

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- DPRD Kota Palangka Raya melalui pihak Komisi B yang membidangi Infrastruktur dan Perekonomian telah siap dan mengambil sikap untuk bekerja sama dengan pihak dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Palangka Raya,  kemudian merangkul stokeholder untuk dapat berpartisipasi mendukung pengendalian harga menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Yudhi Karlianto Manan, disela-sela kesibukannya sebagai anggota dewan kota. Dikatakan Yudhi, Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2020 di Kota Palangka Raya merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun, sehingga harapannya dengan merangkul stakeholder lebih siap sejak awal dalam mengantisipasi inflasi harga, guna memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

“Menjelang HBKN pemerintah kota bersama intansi terkaitnya juga akan melakukan pemantauan kelapangan, serta pengawasan pengendalian harga diseluruh pasar-pasar tradisonal yang ada di Kota Palangka Raya dan ini merupakan kegiatan rutin untuk dilaksanakan,” ucapnya kepada awak media, Kamis (19/3).

Menurut politikus muda fraksi PKB tersebut, yang menjadi pembeda tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah adanya virus corona yang mempengaruhi beberapa kebutuhan yang selama ini diimpor seperti bawang merah dan bawang putih.

“Kami bersama pihak pemko akan mencoba untuk melakukan pengawasan lebih dini, serta memantau perkembangan harga dan stok dipasaran secara bertahap dan berkelanjutan,” Ucapnya.

Karena itulah kata Yudhi menambahkan, kelangkaan kebutuhan pokok yang biasa terjadi pada saat menjelang HBKN harus cepat diantisipasi. Salah satunya dengan operasi pasar dengan memetakan sasaran operasi.

“Sedangkan update data tentang ketersediaan stok bahan pokok, seperti gula, tepung, beras, telur, dan bawang harus dilakukan agar memudahkan dalam melakukan pemantauan,” Ujar Yudhi menambahkan.

Wakil rakyat daerah terpilih (Dapil) I mencakup Kecamatan Jekan Raya (Kelurahan Bukit Tunggal dan Ketimpun) Kecamatan Bukit Batu dan Rakumpit tersebut juga mengatakan, semua mengacu pada pengalaman tahun sebelumnya. Pemko memiliki data pengalaman yang bisa digunakan sebagai perbandingan untuk tahun ini.

“Kami juga akan bekerjasama dengan pihak Dinas Pertanian untuk memastikan stok bawang merah, cabai rawit, dan beras aman hingga menjelang Idul Fitri,” tutup Yudhi.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: