UPT Laboratorium UPR Kembangkan Penelitian Pembuatan Hand Sanitizer

Foto : Dr Andrie Elia SE MSi (kiri) ketika bersama kalangan peneliti, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Terpadu Universitas Palangka Raya (UPR)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Menipisnya ketersediaan Hand Sanitizer di Kota Palangka Raya belakangan ini, akibat adanya isu Corona Virus Disease (Covid-19), yang sudah masuk ke Indonesia, melatarbelakangi kalangan peneliti, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Terpadu Universitas Palangka Raya (UPR), mengembangkan Hand Sanitizer, yang berasal dari racikan uji penelitian.

Kepala Laboratorium Terpadu UPR, Ruli Meiliawati mengatakan bahwa ide membuat hand sanitizer tersebut, berawal dari langka nya barang tersebut, di pasaran. Sehingga, beberapa orang Laboran yakni Pranata, Lidya, Manyang dan Sri Wulandari Ningsih mulai melakukan uji laboratorium dengan membuat hand sanitizer tersebut.

“Bahan membuat hand sanitizer tersebut diantaranya Ethanol yang 70 persen, Aloe Vera dan Esensial Oil,” ucap Pranata salah seorang Laboran UPT Laboratorium Terpadu UPR, Kamis (19/03).

Dia mengatakan bahwa untuk sementara masih menggunakan Aloe Vera (Lidah Buaya) karena untuk bahan karena bahan lainnya yang direkomendasikan WHO (World Health Organization) masih dilakukan pengujian.

Dia mengatakan bahwa saat ini hand sanitizer tersebut memang masih belum dilakukan pengujian lebih lanjut karena harus melewati serangkaian proses administrasi tertentu.

Meskipun masih belum melakukan uji coba tingkat lanjut namun secara literatur pihaknya optimis bahwa dari kandungan alkohol 70 persen tersebut sudah mampu membunuh bakteri.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: