Bupati Kapuas Minta SATGAS BPBD Efektif Melakukan Penjegahan

Foto : Bupati Kapuas, Ben Brahim ketika menghadiri rapat koordinasi KARHUTLA 

Beritakalteng.com, KUALA KAPUAS- Bupati Kapuas, Ben Brahim berkeinginan agar Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk BPBD Kabupaten Kapuas mulai dari desa sampai tingkat kabupaten agar lebih efektif melakukan pencegahan. Hal ini menurut dia lebih baik daripada melakukan tindakan reprensif.

“Jadi lebih baik preventif, dan agar diketahui hari ini Rakor karhutla untuk menindaklanjuti arahan presiden pada 6 Februari 2020 lalu,”ujar Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT saat membuka Rakor tersebut, Senin (10/2).

Selain itu, bupati dua periode ini meminta semua Kepala Desa (Kades) untuk mengganggarkan dana desa untuk Satgas desa. Karena tugas Satgas sudah jelas, sehingga di tingkat desa dan kelurahan agar selalu koordinasi dengan Satgas. Kecamatan juga diharapkan melakukan koordinasi hingga ke kabupaten.

“Intinya bagaimana kita mencegah. Toga, Tomas dan tokoh pemuda agar dengan kebersamaan dan niat yang sama terlibat, maka saya yakin Karhutla di Kabupaten Kapuas bisa kita atasi, Karhutla rawan di gambut, gambut di Kapuas terbesar di Kalteng, ini tergantung kita, ini tugas kita. saya mengingatkan kembali kita jangan lengah,”katanya.

Menurut petinggi di Pemkab Kapuas ini, pencegahan harus bisa dilakukan. Hal ini memerlukan strategi untuk mengatasi Karhutla, maka peran Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama Satgas harus lebih aktif di lapangan.

“Mari bapak, ibu Kades untuk menyusun anggaran desa untuk Satgas, dan ingat jangan menunggu kalau ada api. Tetapi kalau api adasebelum api membesar langsung diserang,”ujar mantan Kepala Dinas PU Kalteng ini.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, menjelaskan tujuan kegiatan Rakor tersebut. Yakni untuk mengkoordinasikan rencana kerja dan aksi penanganan Karhutla dari masing-masing instansi dan pihak terkait.

“Sehingga penanggulangan Karhutla di Kapuas dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien,”kata Sinaga.

Adapun yang hadir dalam pembukaan Rakor itu, tampak perwakilan DPRD Kapuas, Dandim dan Kapolres, Camat dan para Kades, Kapolsek serta Dandramil, para Bhabinktibmas dan Babinsa serta manggala agni.(SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: