Warga Diingatkan Jangan Bakar Lahan

WAWANCARA : Bupati Kotim Supian Hadi saat diwawancara sejumlah wartawan.

beritakalteng.com – SAMPIT – Bupati Kotawaringun Timur Supian Hadi mengingatkan masyarakat di Bumi Habaring Hurung agar tidak membakar lahan. Bupati minta warganya, jangan salahkan aparat atau petugas jika bertindak tegas terhadap pelaku yang sengaja membakar lahan. Karena dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) membuat Kotim dilanda kabut asap hingga mengganggu kesehatan manusia serta masalah lainnya.

“Saya berharap warga Kotim dapat memahami dan mengetahui bahwa membakar lahan atau hutan dengan sengaja akan ada pidananya atau sanksi. Aparat dan juga pemerintah akan menindak tegas bagi siapa saja yang membakar lahan. Mengingat kondisi kita saat ini berasap dan udara yang kita hirup tidak sehat,” kata Supian Hadi.

Selain itu, ada beberapa yang sudah dipanggil dan menjadi tersangka terkait karhutla di Kotim.

“Asap sudah tidak kenal kapan dan dimana. Jadi jangan salahkan aparat nantinya jika menindak tegas pembakar lahan ini. Kondisi saat ini harap menjadi perhatian bersama. Jangan sampai banyak masyarakat mengeluhkan asap, sementara ada beberapa orang yang sengaja membakar lahan,” tegasnya.

Bupati dua periode ini minta kepada masyarakat agar mengawasi lingkungan sekitarnya. Jaga wilayahnya dari musibah kebakaran. Jika ada api, sekalipun masih kecil, agar segera dimatikan.

“Mari bersama-sama menjaga lingkungan dan bantu pemerintah dalam upaya pemadaman kebakaran ini,” pintanya. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: