Sugianto : Harapannya, Kalteng Menjadi Daerah Penyangga Ibukota Negara RI

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengucapkan selamat kepada Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), atas terpilihnya menjadi lokasi pemindahan Ibu Kota Negara Baru (IKNB).

Ucapan tersebut, disampaikan oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, seusai menghadiri acara ramah tamah bersama anggota DPRD Kalteng periode 2014-2019, di rumah makan kampung lauk, selas (27/8) siang tadi.

“apa yang menjadi keputusan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi), yang telah menetapkan Provinsi Kaltim sebagai IKBN, semoga itu menjadi berkah untuk semua pihak, menuju Negara Indonesia yang lebih maju dan bermartabat.” kata Sugianto.

Selain itu, Ia juga menyampaikan, dengan telah ditetapkannya Provinsi Kaltim menjadi lokasi IKNB, maka Kalteng pun harus bersiap-siap ikut berkontribusi, dalam membangun daerah.

Seperti, membangun infrastruktur, melakukan pengembangan sektor pertanian peternakan dan perikanan secara luas. Untuk itu, maka dibutuhkan sebuah perencanaan secara matang.

Tentunya, dengan melibatkan sejumlah tim-tim ahli yang ada di Kalteng, yangmana itu juga disertai dengan adanya petunjuk dari sejumlah kementrian terkait.

“Harapannya, kedepan agar Kalteng menjadi daerah penyangga IKBN. Seperti, didaerah DAS (daerah aliran sungai) Barito, yang memiliki potensi sebagai daerah penyangga,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

Lanjut Sugianto menuturkan, apapun alasannya, pembangunan suatu daerah, kunci utamanya adalah ketersediaan infrastruktur. Oleh sebab itu, kedepan menjadi target prioritas utama pembangunan di Kalteng, yaitu pada bidang infrastruktur. Dan itu, akan tetap dilakukan sampai pada akhir masa jabatan tahun 2021 mendatang.

“Kita akan tetap menitikberatkan pembangunan infrastruktur di Kalteng, dengan pengalokasian dana-dana yang ada. Nanti juga, apakah sumber dana-dana tersebut, akan diusulkan ke dalam program pembangunan strategi nasional.”

“Itu selanjutnya, akan disampaikan dan diusulkan kepada bapak Presiden, Menko dan Menteri Bappenas RI bahwa saat ini Kalteng, sedang membutuhkan pengembangan-pengembangan infrastruktur, terutama ketersediaan pelabuhan utama,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga telah menyampaikan ke Walikota dan Bupati setempat, agar di wilayah tengah ini harus ada pelabuhan utama. Yangmana, tujuannya adalah untuk menunjang pengembangan industri di wilayah Kalteng.

Serta, sekaligus pula sebagai pemikat dan daya tarik dari para investor, untuk berinvestasi di wilayah Kalteng ini. Karena, di Kalteng juga nanti tersedia berbagai infrastruktur penunjang, baik itu infrastruktur jalan, udara dan terlebih lagi adanya pelabuhan utama, sebagai penunjang pengembangan industri.

“Kalteng dapat menjadi kawasan-kawasan industri, atau kawasan ekonomi khusus,” imbuhnya.

Ia juga berharap, agar Bupati yang berada di sepanjang DAS Barito, dalam perencanaan pembangunan daerah, dapat selalu berkoordinasi, dengan pemerintah provinsi.

Hal itu, dimaksudkan agar pembangunan di wilayah Kalteng, akan semakin terarah, sebagaimana harapan bersama, untuk peningkatan infrastruktur, sekaligus penunjang pengembangan industri di wilayah Kalteng.

Tidak lupa, pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur Kaltim Isran Noor dan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, atas ditetapkan sebagai IKNB.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: