Pembangunan Desa Mesti Terencana dengan Baik

SERIUS : Anggota DPRD Kabupaten Kotim, Agus Seruyantara ketika mengikuti rapat paripurna.

beritakalteng.com – SAMPIT – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Agus Seruyantara menyebut seluruh program pembangunan ditingkat desa harus melalui perencanaan yang baik atau matang.

“Keuangan desa sangat besar, sehingga seluruh pembangunan yang dilaksanakan harus mengacu pada perencanaan yang matang,” ujar Agus, kemarin (22/8/2019).

Lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, untuk melaksanakan program tersebut, kepala desa harus berperan aktif bersama perangkatnya dan BPD agar hasil pembangunan itu bisa memberi kemajuan bagi desanya.

“Jangan sampai anggran yang besar tersebut akan mubajir atau disalahgunakan nantinya akibat ketidak tahuan,” sebutnya.

“Adanya keuangan desa dari pusat dan pemerintah daerah bertujuan untuk percepatan pembangunan di tingkat desa,” tambahnya.

Dirinya juga mengajak agar masyarakat bisa berpartisipasi untuk mendukung program pembangunan di desa, khususnya pembangunan infrastruktur, dan lainnya untuk kemajuan desa itu sendiri.

“Maksimalkan penggunaan keuangan desa dengan baik dan penuh tanggung jawab. Jangan sampai desa malah mengusulkan pembangunan infrastruktur melalui reses dan musrenbang, sedangkan itu sudah masuk tanggung jawab desa,” pungkasnya.

Tidak lupa, wakil rakyat tersebut mengajak masyarakat untuk selalu mengawasi dalam setiap pembangun yang berjalan di desa. Tujuannya agar tidak terjadi penyimpangan yang dapat merugikan negara.

“Jika tidak pahan seharusnya tanya kepada BPD, jangan sampai akibat ketidak pahaman dalam pengelolaan anggaran desa berhadapan dengan hukum. Sering-sering lah berkonsultasi, jangan setelah ada masalah baru berkonsultasi,” tegasnya. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: