HUT RI Ke 74 Tahun, LPMP Kalteng Terus Optimalkan SPME

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke 74 Tahun ini, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (LPMP Kalteng), Dra Hj Sukaryanti MSi menyampaikan ucapan syukurnya.

Sebabnya, pada tanggal 27 Juli 2019 lalu, telah dilakukan penandatanganan komitmen bersama, antara LPMP Kalteng, dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalteng, terkait percepatan pemenuhan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP), di seluruh satuan pendidikan yang ada di wilayah Kalteng.

“Berdasarkan hasil PMP (pemetaan mutu pendidikan), dan data hasil akreditasi, Kalteng masih harus bekerja lebih keras lagi, untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, sesuai dengan 8 SNP.” kata Sukaryanti, Senin (12/08).

Upaya yang dilakukan, adalah memastikan seluruh satuan pendidikan, untuk tetap memegang komitmen terutama melaksanakan 8 SNP, sebagaimana adanya penandatanganan bersama, yang telah dilakukan sebelumnya.

Dirinya juga menuturkan, dalam upayanya LPMP Kalteng, akan terus melakukan koordinasi, serta  mendorong peran TPMPD, dalam mengoptimalkan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal).

Disampaikannya, sebagai tolak ukur mutu pendidikan di satu satuan pendidikan, dapat dilihat dari hasil Rapor Mutu Pendidikan. Dari hasil pencapaian raport mutu sekolah untuk, SD, SMP, SMA dan SMK tahun 2018, Kalteng diangka 4,63 persen dengan grand total 219.180 (M3).

Untuk capaian raport mutu pendidikan di 13 Kabupaten dan 1 Kota se Kalteng. Untuk satuan pendidikan tingkat SD 4,67 persen, SMP 4,55 persen, SMA, 455, dan SMK 4,39.

“LPMP akan memfasilitasi dan membantu pemerintah daerah, melalui program-program yang ada, seperti Sekolah Model, PPK, Supervisi Mutu dan program-program lainnya,” ujarnya menambahkan.

Ditambahkannya, guna mencapai mutu pendidikan di Kalteng, tidak terlepas dari peran berbagai pihak, diantaranya melalui kemitraan dengan dunia usaha industri, serta perguruan tinggi dan keterlibatan masyarakat, secara aktif menjadi strategi penting, dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu di Kalteng.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: