Gelar Lomba Kebersihan RT dan Sekolah Jelang HUT RI

PENILAIAN : Tim penilai dari DLH Kotim didampingi Lurah Sawahan Legendaria Okta dan Danki Lettu Inf Andry Suwiatmojo saat menilai kebersihan di RT 31, Kamis (8/8/2019).

beritakalteng.com – SAMPIT – Dalam rangka memeriahkan HUT  ke-74 RI, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat mengelar lomba kebersihan rukun tetangga (RT) dan sekolah. Perlombaan itu akan dinilai oleh tim khusus yang melibatkan beberapa instansi.

Sebanyak tujuh RT yang mengikuti lomba yang berada di tujuh kelurahan di tiga kecamatan di Kotim. Diantranya RT 09/RW 04 Kelurahan Baamang Barat, RT 63/RW 04 Kelurahan Baamang Tengah, RT 12/RW 04 Kelurahan Baamang Hulu. Ketiganya berada di Kecamatan Baamang. Selajutnya RT 31/RW 11 Kelurahan Sawahan, RT 36/RW 08 Kelurahan Mentawa Baru Hilir, RT 13 Kelurahan Pasir Putih yang berada di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. RT 02 Kelurahan Mentaya Sebrang, yang berada di Kecamatan Seranau.

Untuk tingkat sekolah, ada 20 yang mengikuti lomba kebersihan itu. Diantaranya SDN 1 Ketapang, SDN 4 Pelangsian, SDN 2 dan SDN 4 Baamang Tengah, SDN 1 dan SDN 6 Mentaya Seberang, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 8, SMP IT Arafah, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 4 dan SMK Muhammadiyah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim Sanggul Lomban Gaol mengatakan lomba ini untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Untuk penilaiannya dilaksanakan dari tanggal 5-10 Agustus. Indikator penilaian, yaitu kebersihan area pemukiman dan sekolah, kebersihan drainase, pohon peneduh, adanya tanaman hias di tempat umum, pemilahan sampah rumah tangga dan sekolah, serta tidak ditemukan abu sisa pembakaran sampah di sekitar pemukiman dan sekolah.

“Dengan adanya penilaian dari tim DLH yang akan turun langsung ke lapangan diharapkan kesiapan para RT dan sekolah untuk mendampinginya guna melihat kondisi pemukiman maupun sekolah yang akan dinilai,” kata Sanggul Lomban Gaol, Kamis (8/8/2019).

Menurut Sanggul, tim DLH sudah menilai di beberapa sekolah maupun RT. Mereka sangat antusias mengikuti lomba dan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut tim penilai.

“Untuk pemenang akan diberikan uang pembinaan, piagam dan trofi agar mereka lebih semangat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar RT-nya dan sekolahnya. Saya juga berharap, jangan hanya saat ada lomba saja baru dibersihkan, tetapi setelah selesai lomba lingkungan RT maupun sekolah harus bersih juga,” tegasnya.

Sementara RT 31 sebagai peserta lomba yang berada di Kompleks Kompi Senapan A Raider 631/Antang terpilih mewakili Kelurahan Sawahan sudah siap mengikuti lomba tersebut. Hal ini disampaikan Komandan Kompi Lettu Inf Andry Suwiatmojo saat mendampingi tim DLH untuk melakukan penilaian, kemarin.

“Kami RT 31 Kelurahan Sawahan sudah siap mengikuti lomba. Lihat saja sendiri kesiapan kami dan mudah-mudahan kami menjadi juara,” harapnya.

Semantara Lurah Sawahan Legendaria Okta saat diminta komentar terkait lomba kebersihan, menyambut baik. Semoga dengan adanya lomba kebersihan ini dapat menjadi motivasi bagi RT lain yang ada di Kelurahan Sawahan.

“Saya juga meminta warga untuk tetap peduli dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat memperindah lingkungan di sekitar rumah menjadi lebih bersih dan sehat,” pungkasnya. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: