Pemda Diminta Awasi Penjualan Hewan Kurban

RAPAT : Jajaran anggota DPRD Kabupaten Kotim saat mengikuti rapat dengan instansi terkait.

beritakalteng.com – SAMPIT – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin (Kotim), H Abdul Kadir meminta agar pemerintah daerah (Pemda) melakukan pengawasan terhadap penjualan hewan kurban, menjelanh Hari Raya Idul Adha ini.

“Terutama untuk kesehatan hewannya, penjualannya harus diawasi. Karena hewan kurban wajib sehat dan bersih,” ujarnya, kemarin (28/7/2019).

Kadir mengakui, menjelang Idul Adha memang penjualan hewan kurban cenderung meningkat. Penjual hewan itu mendatangkan khusus dari luar daerah.

“Kami berharap hewan yang didatangkan itu memang memenuhi syarat untuk dijadikan  hewan kurban. Jangan sampai hewan-hewan yang didatangkan tersebut justru membawa penyakit untuk hewan yang ada, ini yang perlu dilakukan penghawasan,” tandasnya.

Di sisi lain, ia juga meminta agar semua penjual bisa didata dengan baik kemudian diperiksa oleh pemerintah daerah melalui tim biasanya atau melalui instansi terkait.

“Dinas kesehatn harus melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum dikurbankan. Cara ini lebih efektif dalam mengantisifasi hal yang tidak diinginkan kemudian harinya,” terangnya.

Dengan begitu maka masyarakat tidak perlu was-was lagi dalam membeli hewan kurban untuk Idul Adha ini, upaya itu sangat penting karena setiap tahun banyak yang mendatangkan  hewan kurban seperti sapi dari luar daerah. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: