Sejumlah anggota DPRD Bartim saat menggelar rapat paripurna dengan agenda pengajuan raperda RPJMD 2018-2023.

Akomodir Aspirasi Masyarakat Melalui Musrenbang

Sejumlah anggota DPRD Bartim saat menggelar rapat paripurna dengan agenda pengajuan raperda RPJMD 2018-2023.

Beritakalteng.com,TAMIANG LAYANG – Kalangan legislator DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim) mengharapkan, pemerintah setempatbisa mengakomodir aspirasi masyarakat. Yang telah disampaikan pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di sepuluh kecamatan wilayah setempat. Pasalnya aspirasi yang disampaikan masyarakat adalah kebutuhan yang menyangkut kepentingan di masing-masing wilayah desa.

“Semua usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat merupakan hasil musyawarah perangkat di desa, dimana aspirasi yang diusulkan sangat prioritas,” kata anggota DPRD Gomelson L Bayan.

Politisi PAN ini menjelaskan, aspirasi masyarakat yang telah dijaring oleh masing-masing desa dikelurahan, tentunya akan menyesuaikan program skala prioritas dan tidak keluar dari RPJMD Bartim yang telah ditetapkan.

“Aspirasi yang masih dominan yang disampaikan masyarakat bisa di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, jalan, listrik dan lainnya. Hal ini sejalan dengan program prioritas pemerintah daerah, setiap tahun berkelanjutan dengan dilakukan secara bertahap,” tandasnya.

Menurut Gomelson, bila keterbatasan anggaran daerah yang menjadi kendala, tentu program kegiatan yang dilaksanakan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah. Bila tidak bisa diakomodir secara keseluruhan, maka bisa menjadi bahan dan program lanjutan ke depan, kecuali ada kegiatan dan program yang betul-betul mendesak dan sangat dibutuhkan masyarakat.

“Walaupun kita ketahui bersama Pemkab Bartim telah berupaya semaksimal, untuk membenahi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui program yang telah direncanakan sesuai dengan skala prioritas pembangunan yang telah ditetapkan,” terangnya.

Ia menambahkan, namun masih banyak tuntutan dan harapan masyarakat terhadap pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, belum terakomodir secara keseluruhan.

“Kita berharap agar semua usulan di Musrenbang tepat sasaran dan dapat bermanfaat. Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Bartim pada umumnya,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: