Pasokan Lancar, Dinas ESDM Kalteng Tegaskan Tidak Ada Konversi GAS LPG 3 Kg

BeritaKalteng, Palangka Raya- Adanya pemberitaan terkait rencana pemerintah pusat untuk mengkonversi gas ukuran 3 Kg ke gas ukuran 5 Kg, adalah tidak benar. Pasalnya, setelah pihak Dinas Pertambangan Energi dan Mineral (Dinas ESDM) Provinsi Kalteng, setelah berkoordinasi menanyakan hal tersebut, kepada pihak Pertamina dan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Kemen ESDM RI).

Kepala Dinas ESDM Kalteng Ermal Subhan, dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Pengawasan ESDM, Diagus mengatakan, saat ini Dinas ESDM Kalteng, telah melakukan pengawasan ke sejumlah agen dan pangkalan se Kalteng. Adanya informasi yang beredar terkait konversi gas ukuran 3 Kg ke gas ukuran 5 Kg adalah tidak benar. Namun, justru sebaliknya yang perlu ditingkatkan, adalah pada lini pengawasannya.

“Pengawasan yang dilakukan, adalah pada ketersedian, pendistribusian dan harga gas ukuran 3 Kg yang beredar di pasaran se Kalteng. Dalam pengawasan, pihaknya telah membentuk sebuah tim gabungan yang terdiri dari, Distamben Kalteng, Disperindag Kalteng, Satpol PP, Kepolisian dan Biro Ekonomi Setda Provinsi,” ucap Diagus, Jumat (09/02) pagi.

Diagus juga mengutarakan, pengawasan yang dilakukan ini, dengan maksud tujuan agar memastikan gas ukuran 3 Kg tidak sampai terjadi kelangkaan. Untuk itu pengawasan perlu ditingkatkan, sebabnya jika pengawasan gas ukuran 3 Kg lemah, maka dipastikan rentan disalahgunakan dan tidak tepat sasaran.

Sementara itu, Andi selaku staf yang mendampingi Kabid Pengawasan ESDM, dirinya mengatakan kabar adanya konversi gas ukuran 3 Kg ke gas ukuran 5 Kg, adalah tidak benar. “Justru, saat saya berada dilapangan, sering berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak pertamina dan kabarnya, dalam waktu dekat ini akan merilis gas ukuran 3 Kg, merek Bright Gas,” ucap Andi.

Dia menambahkan, gas ukuran 3 Kg yang dirilis pertamina ini, akan menyasar masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke bawah. Jadi, masyarakat ekonomi menengah ke bawah dapat mengakses langsung manfaat gas ukuran 3 Kg dan dapat langsung merasakan, program pemerintah pusat.(dhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: