Tim Verifikasi Mulai Cocokan Data Sipol Parpol Tingkat Provinsi

BeritaKalteng, Palangka Raya- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng telah menjadwalkan untuk melakukan verifikasi mulai dari tanggal 29 sampai dengan tanggal 30 Januari 2018 ke sejumlah Partai Politik tingkat Provinsi dalam persiapan Pemilukada 2019 mendatang.

Anggota KPU Provinsi Kalteng Divisi Teknis, Daan Rismon usai melakukan verifikas ke di Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Kalteng menyampaikan, pelaksanaan peroses verifikasi dilakukan bersama dengan Badan Pengasawa Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalteng.

“Verifikasi meliputi, pertama kepengurusan baik Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta Pengurus Parpol di tingkat Provinsi.” ujar Ketua Tim Verifikasi Partai Golkar dan Parpol lain, Daan Rismon senin (29/01) di Jl. Imam Bonjol Kota Palangka Raya.

Selanjutnya verifikasi adanya keterwakilan perempuan 30 persen. Namun pihaknya mengaku, verifikasi yang dilakukan dilapangan hanya memperhatikan. Apa bila terjadi kekurangan pada hasil verifikasi.

Lanjutan menambahkan, bukan sesuatu hal yang membuat Partai Politik khsusunya Golkar sendiri dinyatakan tidak memenuhi persyaratan, melainkan hasil tersebut menjadi akan menjadi catatan.

“Memperhatikanya. Apakah 30 persen keterwakilan perempuan sudah lebih atau kurang. Kemudian surat domisili yang dikeluarkan oleh camat atau lurah. Kita hanya memperhatikan hal itu untuk kami cek kembali kebenaranya sesuai dengan data Sipol.” paparnya menambahkan.

Ketika data sipol tidak bersesuaian dengan hasil verifikasi dilapangan. Ujar Daan lebih dalam lagi, ada massanya akan dilakukan perbaikan. Karena pada tanggal 31 Januari 2018 nanti, tim verifikasi akan menyerahkan hasil untuk disesuaikan apakah sudah memenuhi ketentuan PKPU No.6 Tahun 2018.

“Menurut Undang-Undang, kepengurusan Parpol yang menjadi peserta Pemilu di tingkat Provinsi harus 100 persen, kemudian tingkat Kabupaten atau Kota minimal 75 persen, dan pengurus Kecamatan 50 persen” katanya lebih dalam lagi.

Dari informasi yang disampaikan mengenai hasil verifikasi petugas dilapangan, khsusu untuk Partai Golkar Provinsi Kalteng sendiri, untuk Pengurus Parpol hadir semua, keterwakilan perempuan 30 persen dari 23 orang hanya tidak hadir hanya 4 orang, dan kemudian surat domisi sudah sesuai dengan data Sipol.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: